Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Arsip
Umum
Kesehatan
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Technology  > General
 

Lemari Panas-Dingin Jecky

Thursday, Sep. 2, 2004 Posted: 1:35:14PM PST

KULKAS sebagai pendingin. Itu biasa. Kulkas dua pintu. Itu pun sudah umum. Kalau kulkas dua fungsi, sebagai pembuat es sekaligus memanaskan sayur, ini terbilang baru. Di sini, kulkas dwifungsi itu dipasarkan awal tahun lalu. Padahal, tahu nggak, ide pembuatan lemari es hot and cool itu muncul lebih 15 tahun lalu dari seorang mahasiswa Politeknik Manufacturing Swiss ITB.

Namanya M. Yusuf Ariszalopa --teman-teman di kampus memanggilnya Jecky. Percobaan menciptakan kulkas hot and cool, menurut Jecky yang kini berusia 35 tahun, dimulai pada 1988, saat ia masih kuliah di kawasan Dago Utara, Bandung, tersebut. Namun idenya sendiri, aku Jecky, datang beberapa tahun sebelumnya.

Niatnya membuat lemari es dwifungsi tergerak saat ia menerima pelajaran ilmu pengetahuan alam di bangku sekolah menengah umum. Ketika membahas termodinamika, khususnya tentang heat transfer, guru fisikanya, kata Jecky, mengambil contoh tentang air conditioner (AC). Dia tahu dari gurunya, di negara empat musim, AC sengaja dibikin dua fungsi. Bila musim panas tiba, berguna untuk menyejukkan ruangan, dan saat musim dingin menjadi mesin pemanas.

Demikian juga saat menjelaskan kulkas. Lemari es sebenarnya juga ada dua sisi tadi, yakni dingin dan panas. Cuma, kulkas yang ada baru memanfaatkan sisi dinginnya. "Suatu saat nanti, sisi panas lemari es akan digunakan juga," kata Jecky, mengenang perkataan gurunya. Ide itu terus merasuk ke benaknya. Hingga ia kuliah di Jurusan Mesin Politeknik ITB.

Pada semester I, 15 Desember 1988, Jecky mengikuti praktikum mengenai sistem refrigasi. Ketika itu, ia membawa beberapa potong roti yang diletakkan di dalam sebuah wadah aluminium dari rumah. Suhu di dalam wadah itu sama dengan suhu kamar, yakni antara 27 hingga 29 derajat selcius. Jecky membungkus wadah berbahan aluminium itu dalam sebuah tas kain hitam. Ia kemudian meletakkan tas itu di depan kondensor. "Roti-rotinya jadi hangat," kata Jecky kepada Ida Ri'aeni dari Gatra.

Berbekal hasil praktek itu, ia makin berminat menciptakan kulkas yang bisa juga berfungsi sebagai pemanas. Apalagi, sarana di kampus cukup menunjang. Ia memulai eksperimennya dengan lemari es rusak. Setelah diperbaiki supaya bisa "nyala" lagi, kulkas itu diberinya komponen pelat aluminium yang dilekatkan pada bagian atas pipa kondensor kulkas. Maka, jadilah lemari es panas-dingin. Itu terjadi pada 1989.

Begitu berhasil dengan eksperimennya, Jecky mulai usaha kecil-kecilan modifikasi kulkas. Kebanyakan pelanggan adalah kenalan, tetangga, ataupun keluarganya sendiri. Jecky memasang tarif Rp 800.000 untuk modifikasi kulkas menjadi dwifungsi.

Lama setelah lulus kuliah, Jecky baru punya kesadaran untuk mendaftarkan temuannya ke Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual, Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. Itu baru pada Februari 2002. "Saya telat mendaftar karena tak tahu," kata pria kelahiran Palangkaraya, Kalimantan Tengah, ini. Departemen Kehakiman pun memeriksa secara substansial, termasuk pengecekan ke kantor paten di negara lain. Hingga kini, Jecky belum mengantongi paten atas temuannya.

Next Page: 1 | 2 |



 
Dari Technology  
Software Alkitab Logos akan Dirilis untuk Macs
Tersedianya software di Windows telah sering menjadi alasan utama berpalingnya orang dari Macs. Akan tetapi, telah terjadi sebuah pergantian dalam paradigma dalam industri untuk multiple platforms. ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang