Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Arsip
Umum
Kesehatan
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Technology  > General
 

Robot Universitas Jember Peraih Juara Nasional, Gunakan Komponen Bekas

RAKIT ROBOT - Mahasiswa Unej merakit robot Electromachine Zero Intellegence (EZI) di Kampus Unej Jember belum lama ini.

Wednesday, Nov. 10, 2004 Posted: 7:28:31PM PST


MESKIPUN tim robot Program Studi Teknik Universitas Jember (Unej) memiliki keterbatasan dalam pembuatan robot serta komponen yang digunakan sebagian besar merupakan barang bekas, mereka mampu meraih prestasi tinggi, menjadi juara dua dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) nasional di Balairung Universitas Indonesia Depok, belum lama ini.

Robot yang diberi nama Electromachine Zero Intellegence (EZI) itu, 70 persen komponennya dibeli dari Pasar Loak Dupak Rukun dan Pasar Genteng Surabaya. Komponen bekas itu di antaranya berupa gearbox untuk penggerak robot serta ban kipas. Khusus untuk microcontroller, yang berfungsi sebagai otak robot ditambah infra merah, dibeli dalam kondisi baru. ''Ada peserta dari universitas lain, membeli sensor lilinnya dari Amerika Serikat, dengan harga jutaan rupiah. Tetapi sayang, kurang berprestasi. Padahal EZI ciptaan kami biayanya tidak sampai satu juta rupiah,'' ujar Nasir Ahmad, ketua tim robot Program Studi Unej, kepada Pembaruan akhir pekan lalu di Jember.

Keterbatasan pengalaman dalam membuat robot, membuat mahasiswa Program Studi Unej bingung ketika menerima undangan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI)dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI) Maret 2004.

Namun, tim pun akhirnya terbentuk, tiga orang dari teknik elektro dan lima orang mahasiswa teknik mesin, dibantu dua dosen pembimbing Bambang Supeno dan Dwiretno Istiadi. Kedelapan mahasiswa masing-masing Nasir Ahmad, Faqih Rasyidi, Muhtar Adi Wijaya, Agung Setiabudi, D Gusmaul, Eko Feri, Abdul Rouf dan Febriana. Mereka berhasil mengirim satu proposal untuk KRI dan dua untuk KRCI. Namun yang berhasil masuk hanya satu dan berhasil meraih prestasi.

Nama Electromachine diambil dari dua jurusan yang bergabung membuat robot, yakni teknik dan mesin. Sedangkan Zero Intellegence mengandung arti, si robot sebenarnya tidak pintar, tetapi yang pintar adalah pembuatnya.

Menggunakan metode trial and error, mereka merakit robot selama tiga bulan penuh. Robot EZI, dituntut harus bisa memadamkan api lilin, yang ditempatkan oleh panitia di suatu ruangan. Karena itu tim pembuat robot EZI, pertama kali membuat pemetaan lintasan kemudian diprogramkan ke dalam microcontroller EZI. Supaya EZI tidak menabrak dinding, dipasang sensor infra merah. Namun cara itu pun membuat EZI banyak menabrak tembok. ''Lho tim EZI, mau mencari nilai apa mencari penalti,'' ujar salah seorang anggota panitia seperti ditirukan Nasir, ketika mencoba arena lomba.

Kesulitan tim EZI pun bertambah. Ketika pertandingan akan dimulai, tiba-tiba baterai untuk menggerakkan robot meledak. Sementara untuk membeli yang baru tidak mungkin dilakukan. Tim ini kemudian melobi panitia dan EZI diizinkan menggunakan adaptor, tetapi karena pemakaian adaptor, nilai EZI dikurangi. Kesulitan lain, 20 microcontroller yang dibawa dari Jember bersama sensor infra merah, sempat mengalami gangguan karena terlalu sering diganti.

Akhirnya dalam tiga kali kesempatan yang diberikan panitia, EZI berhasil memadamkan api lilin dalam dua kesempatan. Kesempatan pertama gagal, karena lilin yang berhasil dipadamkan kipas EZI, tiba-tiba menyala kembali.

Next Page: 1 | 2 |


Eva N.

 
Dari Technology  
Software Alkitab Logos akan Dirilis untuk Macs
Tersedianya software di Windows telah sering menjadi alasan utama berpalingnya orang dari Macs. Akan tetapi, telah terjadi sebuah pergantian dalam paradigma dalam industri untuk multiple platforms. ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang