Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Arsip
Umum
Kesehatan
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Technology  > General
 

Planet Kecil Serupa Bumi Terlihat di Bintang Mu Arae

Para ilmuwan Eropa telah menemukan apa yang mereka sebut sebagai planet serupa Bumi paling kecil yang mengorbit sebuah bintang di luar tata surya kita.

Saturday, Aug. 28, 2004 Posted: 5:18:51PM PST


Planet baru di sekitar bintang Mu Arae dalam lukisan artis

Para ilmuwan mencari-cari planet-planet serupa Bumi di jagad raya

Planet itu berukuran sekitar 14 kali ukuran Bumi --kurang lebih seukuran Uranus namun tidak cukup besar untuk digolongkan sebagai raksasa-- dan cukup dekat dengan bintangnya sehingga diyakini tidak memiliki es.

Dalam pernyatannya di Forum Terbuka EuroScience di Stockholm, Swedia, Dr Nuno Santos dari Universitas Lisbon mengatakan planet baru tersebut bisa disebut "planet serupa Bumi yang besar" karena terdiri dari batuan (bukan gas seperti Jupiter) dan memiliki atmosfer tipis, meski ia adalah yang terkecil dibanding temuan sebelumnya.

Dr Santos mengklaim penemuan itu memunculkan rekor baru sebagai planet terkecil yang berada di sekitar bintang seperti Matahari. Adapun planet yang belum diberi nama ini ditemukan menggunakan spectrograph Harps sangat sensitif pada teleskop 3,6 meter di Observatorium European Southern di La Silla.

Planet itu diketahui mengelilingi bintang Mu Arae yang pada malam hari terlihat di selatan gugusan Altar. Ia adalah planet kedua yang ditemukan di sekitar bintang tersebut dan melakukan satu revolusi penuh dalam 9,5 hari karena kedekatan dengan bintang induknya --bandingkan dengan Bumi yang butuh waktu 365 hari.

"Walau kita belum mengetahui kondisi planet itu, namun bisa dikatakan bahwa permukaannya pasti amat panas, yakni sekitar 700 derajat Celcius, karena dekat dengan bintang," ujar Dr Santos.

Sistem perplanetan baru

Mu Arae sendiri adalah bintang yang berjarak relatif dekat yaitu "hanya" 50 tahun cahaya dari Bumi (satu tahun cahaya setara dengan 10 trilyun kilometer, yakni jarak yang ditempuh cahaya selama setahun). Bintang tersebut sebelumnya diketahui memiliki planet seukuran Jupiter dengan periode orbit 650 hari. Observasi menunjukkan bahwa planet besar itu memiliki "teman" yang lebih kecil di sekitarnya.

Dikatakan Francois Bouchyof dari Laboratorium Astrofisika Marseille, pengukuran Harps bukan hanya membenarkan apa yang sebelumnya diduga para ilmuwan mengenai bintang itu, namun ia juga menunjukkan planet baru dengan orbit pendek memang benar ada.

Hal ini tentu saja menjadikan Mu Arae sebagai sistem planet baru yang menarik. "Ia lebih mirip dengan tata surya kita dibanding apa yang kita temukan sebelumnya," kata Alan Boss, pakar formasi planet dari Carnegie Institution, Washington. "Oleh karenanya ini merupakan penemuan yang amat menarik."

Perlu diketahui, sebagian besar dari 120 planet yang ditemukan di luar tata surya merupakan gumpalan gas yang ukurannya sebesar Jupiter atau lebih. Planet-planet lain yang sebesar Saturnus juga ditemukan, namun tidak satu pun berukuran sekecil yang ditemukan di Mu Arae kali ini.

Sementara tiga planet yang kurang lebih seukuran Bumi dan ditemukan tahun 2002, diketahui mengorbit bintang padat mati yang dikenal sebagai bintang neutron. Planet-planet aneh itu mengelilingi bintang induknya yang gelap --yang tidak akan bisa mendukung kehidupan-- dengan cepat. Oleh karenanya para ilmuwan tidak memandang ketiganya sepenting planet-planet yang mengelilingi bintang normal. (newscientist.com/space.com/cnn.com/wsn


Next Page: 1 | 2 |



 
Dari Technology  
Software Alkitab Logos akan Dirilis untuk Macs
Tersedianya software di Windows telah sering menjadi alasan utama berpalingnya orang dari Macs. Akan tetapi, telah terjadi sebuah pergantian dalam paradigma dalam industri untuk multiple platforms. ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang