Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Arsip
Umum
Kesehatan
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Technology  > General
 

Dinas Pendidikan DKI Jakarta Memberlakukan Sistem PSB Secara Online

Tahun ini, para lulusan SLTP di Jakarta agaknya bisa sedikit bersantai dalam mencari sekolah barunya jika dibandingkan dengan yang dialami oleh kakak-kakak kelasnya tahun lalu. Sebabnya adalah tahun ini Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi provinsi D

Friday, Jul. 9, 2004 Posted: 8:42:19PM PST

Sistem PSB Online yang digunakan pada 173 sekolah menengah atas di Jakarta ini merupakan hasil kerja bareng Dinas Dikmenti DKI dengan Universitas Brawijaya Malang dan APJII. Lewat sistem ini, pencari sekolah tidak perlu lagi mendatangi sekolah yang ia inginkan, namun cukup mendatangi dan mendaftarkan diri di sekolah yang lokasinya paling dekat dengan rumahnya.

Selanjutnya, pendaftar bisa menyerahkan berkas serta mengisi formulir pendaftaran untuk memilih lima sekolah yang diinginkannya. Panitia akan melakukan verifikasi isian formulir serta keabsahan berkas yang dikumpulkan. Bila tak ditemukan masalah, proses akan berlanjut ke proses entry data ke komputer. Proses awal PSB yang masih dilakukan secara offline ini selesai setelah panitia membagikan bukti pendaftaran kepada pendaftar.

Dari sini peserta PSB bisa pulang ke rumah masing-masing dan memantau posisinya melalui internet di situs www.dikmentidki.psb-online.or.id.

"PSB online ini memiliki asas yang sama dengan PSB sebelumnya, yaitu obyektif, trasparan, akuntabel, dan kompetitif," jelas H. Margani M. Mustar, Kepala Dinas Dikmenti Propinsi DKI Jakarta kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menanggapi adanya surat sakti yang biasa dijumpai dalam proses PSB, Margani menegaskan dengan sistem PSB realtime online ini, praktek surat sakti tidak akan bisa terjadi, mengingat semua mekanisme penyaringan siswa baru dijalankan oleh sistem komputer dan bisa dilihat oleh masyarakat.

Bahkan untuk menghindari kesalahan atau penyalahgunaan pada proses entry data, sistem ini telah mengadopsi database nilai hasil ujian negara SLTP, sehingga petugas entry data tinggal menuliskan nama dan nomor registrasi peserta PSB, dan nilai ujiannya akan muncul secara otomatis.

Selain bisa dipantau secara online melalui situs di atas, proses PSB juga bisa dipantau melalui SMS. Cukup dengan mengetik Unibraw psb jkt (no.peserta) ke nomor 7890 untuk pelanggan Telkomsel dan nomor 5252 untuk pelanggan Indosat dan Excelcom. (Ius/komputeraktif.com)




 
Dari Technology  
Software Alkitab Logos akan Dirilis untuk Macs
Tersedianya software di Windows telah sering menjadi alasan utama berpalingnya orang dari Macs. Akan tetapi, telah terjadi sebuah pergantian dalam paradigma dalam industri untuk multiple platforms. ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang