Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Right
 

Dunia Memperingati Hari AIDS Sedunia

Saat ini Penderita AIDS di Dunia Sekitar 40 Juta Orang

Thursday, Dec. 2, 2004 Posted: 9:23:36PM PST


Lilin-lilin membentuk pita AIDS yang besar di Bulgaria. (Foto: AP)

Di Indonesia, para demonstran menyerukan kepedulian terhadap Aids dengan menggunakan sarung tangan yang bergamparkan pita AIDS. (Foto: AP)

Pemuda-pemuda di Kostarika membawa spanduk bertuliskan " Bersama KIta Membuat Perubahan. " (Foto: AP)

Setiap tanggal 1 Desember, anggota-anggota komunitas global bersama-sama mendemonstrasikan kepedulian terhadap penyebaran HIV/AIDS. Sementara itu beberapa gereja dan organisasi Kristiani menandai Hari Aids Sedunia dengan acara khusus atau kampanye.

Secara global, terdapat hampir 40 juta orang hidup virus HIV atau mempunyai AIDS. Kematian telah meninggalkan lebih dari 14 juta yatim piatu dan jika dibiarkan dan tidak diperiksa, akan meninggalkan 40 juta orang lagi. Di Afrika sendiri, lebih dari 8.000 orang mati karena AIDS setiap harinya.

Di Amerika, pemerintah federal membantu program Food for the Hungry sebanyak $8 juta , yang dikumpulkan dari rencana presiden AS untuk keringanan AIDS (President's Emergency Plan for AIDS Relief-PEPFAR), organisasi bantuan tersebut memimpin koalisi dari delapan organisasi berdasarkan iman dalam menghambat HIV/AIDS melalui pendidikan dan program penangkalan di tiga negara Afrika dan Haiti.

Satu area dalam kemajuan melawan AIDS adalah kesuksesan Mobilizing for Life, yaitu program pencegahan dan perawatan global HIV/AIDS dari World Relief. World Relief bekerja melalui organisasi komunitas-komunitas dan gereja-gereja pribumi untuk membangun proyek inisiatif AIDS lokal yang berkelangsungan.

Sedari mulainya dalam krisis AIDS di Malawi dan Swaziland pad atahun 1992, World Relief telah bekerja untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen korporat untuk AIDS. Ladang World Relief dalam program AIDS sekarang berada di sembilan negara di dunia dan AIDS terintegrasi kepada semua inti program-program World Relief.

World Relief saat ini meluncurkan inisiatif baru iyang disebut Shine Your Light ?suatu jalan bagi kelompok pemuda untuk mengumpulkan kesadaran dan uang untuk pencegahan dan perawatan AIDS di negara-negara berkembang, dan juga mereka belajar keuntungan dari mempraktekkan penangkalan dalam kehidupan mereka.

Partisipan akan mempunyai akses untuk fakta-fakta dan statistik-statistik yang akurat mengenai AIDS. Uang yang dikumpulkan dari Shine Your Light akan mendukung pekerjaan bantuan untuk AIDS dari World Relief di Rwanda, Mozambik, Malawi, Haiti, Burundi, Burkina Faso, Kenya, Kambodia dan RRC.

Pada tahun 1990, organisasi World Vision mulai membantu yatim piatu di Rakai, Uganda, yaitu tempat asal dari penyakit ini. Program lainnya adalah membantu anak-anak Romania yang terinfeksi virus AIDS dan membantu wanita dan pemudi Thailand untuk menghindari pelacuran. Saat ini, World Vision telah memiliki program-program AIDS dei beberapa negara, terutama di sub-Sahara Afrika dimana hampir 30 juta orang membawa virus tersebut.

Sekitar setengah orang dari 40 juta orang penderita AIDS adalah wanita. Sekjen PBB, Kofi Annan mengatakan hampir tiga per empat dari seluruh wanita penderita AIDS possitif tinggal di sub-Sahara Afrika.

Peter Piot, kepala dari UNAIDS mengatakan, " Angka dari wanita yang hidup dengan HIV meningkat disetiap tempat. Sekarang, wajah dari AIDS adalah peningkatan penderita wanita dan pemuda. Hukum harus diturunkan melawan penyiksaan domestik dan pemerkosaan untuk memastikan wanita mempunyai hak milik, karena itu akan membuat mereka lebih aman dan mengurangi kerapuhan terhadap HIV. ?

Next Page: 1 | 2 |


Yunita Tjokrodinata

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9