Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Stats
 

Gereja Mendukung Tapi Terbatas

Thursday, Nov. 11, 2004 Posted: 1:58:31PM PST

Melihat pentingnya peran awam di kancah politik, Gereja merangkul para politisi Katolik sebagai mitra. Mereka bertemu di KWI.

Malam itu, puluhan anggota legislatif Katolik (DPR-RI, DPD, dan DPRD se-Jabotabek) periode 2004-2009 menghadiri acara "Dialog Kemitraan Anggota Legislatif 2004-2009 dengan Komunitas Katolik" di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Lt. IV, Menteng Jakarta. Pertemuan ini juga dihadiri para pengurus dewan ormas dan orpol Katolik. Acara ini difasilitasi Komisi Kerawam KWI, FMKI-KAJ, dan Presidium ISKA. Tampil sebagai pembicara Ketua Presidium KWI Kardinal Julius Darmaatmadja SJ dan Pastor Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno SJ dengan moderator Budiman Tanuredjo dari Harian Kompas.

Peran Awam

Kardinal menyampaikan empat hal tentang awam. Pertama, oleh Gereja, kaum awam disebut sebagai rasul-rasul atau misionaris. Kedua, medan perutusan awam di dalam Gereja maupun di tengah dunia. Ketiga, tugas anggota legislatif sebagai misionaris dan rasul. Keempat, awam yang kian berdaya guna sebagai garam dan terang.

Untuk itu, Kardinal menekankan, mereka perlu meningkatkan kualitas kesatuan hidupnya dengan Kristus sebagai orang Katolik dan keahliannya sebagai anggota legislatif. Mereka juga diajak menghormati martabat manusia, mensosialisasikan kasih persaudaraan, dan mewujudkan keadilan sosial dalam kehidupan bersama, demi terwujudnya kesejahteraan umum.

Dalam hal penataan negara dan hidup bermasyarakat, Kardinal memberi tiga hal untuk diperhatikan: Pertama, perlindungan dan penghargaan terhadap martabat manusia. Kedua, menumbuhsuburkan budaya kasih yang berciri kebenaran, kejujuran, keadilan, solidaritas, kerja sama, dan persaudaraan yang inklusif. Ketiga, menumbuhsuburkan nilai-nilai ideologi Pancasila, budaya, agama, dan kepercayaan untuk melawan budaya sekular yang egoistis, konsumeristis, dan materialistis.

Sementara itu Pastor Magnis menyampaikan prinsip-prinsip umum etika politik Katolik. Ia tegaskan, "Inti etika kristiani adalah cinta kasih yang berdasarkan keadilan." Ia menambahkan, pihak umat kristiani menolak kebijakan yang bernapaskan kebencian, agresivitas, balas dendam, intoleransi, rasisme, dan kekerasan. Namun, di lain pihak umat kristiani dipanggil untuk mengusahakan keadilan dan kebaikan bagi semua orang, golongan, dan berpihak pada kehidupan dengan jalan damai.

Netralitas Gereja

Dalam dialog interaktif muncul kesan, Gereja sinis terhadap politisi Katolik. Dalam tanggapannya Kardinal mencatat usaha-usaha bergandengan tangan para politisi Katolik dengan Gereja. Namun ia tak sependapat dengan penggunaan mimbar gereja, forum-forum gerejani untuk kampanye. "Bagi kami itu sangat berat dan tidak mungkin mengizinkan. Konsekuensinya adalah mengizinkan sekian partai boleh memakai mimbar Gereja. Mungkin sikap Gereja inilah yang dianggap aktivis partai sebagai penolakan. Tetapi penolakan itu bersumber dari keinginan hierarki untuk netral terhadap partai-partai mana pun. Faktanya Gereja sulit menjaga kenetralan bila ikut kegiatan partai," jelasnya.

Next Page: 1 | 2 |



 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9