Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Mabes Polri Kirim Penyidik ke Prancis

Pascaledakan Kedubes Indonesia, Seluruh Perwakilan RI Siaga

Saturday, Oct. 9, 2004 Posted: 9:00:30PM PST


JAKARTA - Pemerintah Indonesia menyambut tawaran pemerintah Prancis untuk menyelidiki peledakan di luar kedubesnya di Paris kemarin. Mabes Polri akan mengirim tim yang beranggota lima penyidik ke Paris. Tim yang beranggota perwira menengah ke atas itu akan berangkat hari ini.

Keberangkatan tim itu dibenarkan oleh Ansyaad Mbai, kepala bagian kontraterorisme di Kantor Menko Polkam. "Tim tersebut akan dipimpin Brigjen Gorries Mere dan berangkat Sabtu ini," terangnya seperti dikutip kantor berita AFP kemarin.

Menurut Mbai, Menko Polkam Ad Interim Hari Sabarno setuju untuk mengirim tim penyidik itu setelah bertemu dengan Pranowo. Seperti diketahui, Gorries memimpin gugus tugas polisi yang berperan dalam pengungkapan tragedi Bom Bali 2002.

Ledakan di luar Kedubes Indonesia yang berlokasi di 47-49 Rue Cortambert, Paris, itu terjadi sekitar pukul 04.50 waktu setempat (pukul 09.50 WIB) kemarin. Ledakan itu diperkirakan berasal dari bom berdaya ledak rendah (low explosive). Tapi, polisi Prancis menyatakan daya ledaknya sedang.

Meski belum diketahui jenisnya, bom itu meremukkan kaca gedung Kedubes Indonesia mulai lantai satu hingga empat, termasuk ruang Dubes. Di antara 10 korban luka, tiga orang warga Indonesia.

Pemerintah Indonesia menilai, saat ini masih terlalu dini untuk menyimpulkan bom tersebut sengaja ditujukan ke Kantor KBRI. "Jangan sampai kita berspekulasi ledakan ini sengaja ditujukan kepada kita. Belum ada informasi jelas soal apa targetnya, siapa pelakunya, dan apa motivasinya," kata Jubir Deplu Marty Natalegawa dalam press briefing di gedung Deplu, Pejambon, kemarin siang.

Namun, dia juga menegaskan, Deplu telah mengambil langkah antisipatif. "Deplu menyeru perwakilan kita di luar negeri supaya waspada. Seluruh misi diplomatik kita di negara lain telah diminta siaga," tegasnya.

Marty mengatakan, Menlu Hassan Wirayuda yang kini menghadiri ASEAN-Europe Meeting (ASEM) di Hanoi, Vietnam, telah bertemu dengan Presiden Prancis Jacques Chirac yang juga hadir dalam acara itu. "Menlu Hassan Wirayuda sudah bertanya kepada Presiden Chirac dan juga telah menginformasikan ledakan ini ke Presiden Megawati," kata Marty.

Andreas Sitepu, kepala bidang protokol dan konsuler KBRI di Paris, menuturkan tiga warga Indonesia yang luka adalah Ny Popy Paliama dan dua anaknya, Mona dan Melanie. Mereka adalah istri dan anak Alex Paliama, warga asal Maluku yang sehari-harinya menjaga Kantor KBRI dan tidur di sana.

"Pak Alex tidak terluka. Hanya mereka bertiga yang terluka karena saat itu sedang tidur di lantai basement," kata Andreas saat dihubungi koran ini kemarin.

Tapi, Andreas buru-buru menegaskan ketiga orang itu tidak terluka parah. "Mereka berdarah karena terkena pecahan kaca. Mereka juga kehilangan pendengaran karena kerasnya suara ledakan. Tapi, sekarang mau dijemput dari rumah sakit," ujar Andreas yang mengaku dirinya langsung meluncur ke lokasi kejadian sesaat setelah ledakan.

Andreas berkali-kali menepis kemungkinan kantornya itu sengaja dijadikan target ledakan di pagi buta itu. Dia lantas bercerita, bom diduga kuat diletakkan di atas trotoar dekat jendela ventilasi ruang basement. Pasalnya, di tempat itulah bekas-bekas ledakan masih bisa dikenali.

Next Page: 1 | 2 |



 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Thursday, Nov. 10 2005 7:41:02PM PST
Indonesia Suram Tanpa Pluralisme
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pra Sidang Raya Dewan Gereja se-Dunia Akan Digelar di Sulut
Konsultasi Nasional Gereja-gereja di Indonesia Digelar
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9 undress ai