Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Afrika & Timur Tengah
Amerika
Asia-Pasifik
Eropa
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Asia-Pacific  > General
 

Sekjen WCC Berbicara Tentang Ekumenisme pada Sidang Umum Konferensi Kristiani Asia

Ia menyarankan gereja-gereja untuk mencari

Wednesday, Apr. 6, 2005 Posted: 6:46:01PM PST


Sekjen Konsili Gereja-gereja Sedunia (World Council of Churches-WCC) Rev Dr Samuel Kobia, menghadiri sidang umum ke 12 dari Konferensi Kristiani Asia (Christian Conference of Asia-CCA) di Chiang Mai, Thailand, yang dimulai Kamis, 31 Maret.

Kobia menyampaikan pidato kunci berjudul "Membangun Komunitas yang Damai untuk Semua" di hadapan perwakilan dari sekitar 100 gereja-gereja Asia. Ia mendesak adanya ekumenisme yang "beresiko, mengadakan perubahan" yang akan membahas isu-isu dan tantangan yang dihadapai oleh dunia saat ini.

Ia mengatakan akar dari gerakan ekumenikal mempunyai kemampuan untuk "membaca tanda-tanda zaman, lebih kedepan daripada anggota-anggota gereja dan masyarakat secara umum".

Trend gerakan ekumenikal saat ini lebih didasarkan pada "dimensi pengalaman dalam iman" yang ia lihat terutama dalam agenerasi yang lebih mudah. Mereka "menyeberangi batas dari tradisi dan membentuk jaringan spiritual dan emosional.

Ia juga memberitahukan kontribusi Asia kepada ekumenisme. Ia menyarankan gereja-gereja untuk mencari "arti baru dan cara baru sebagai gerakan ekumenikal", dengan tujuan untuk melayani keadilan dan kedamaian di dunia, daripada hanya melayani kepentingannya sendiri dan struktur institusional gereja.

Juga pada sidang ini, Dekade untuk Mengatasi Kekerasan (Decade to Overcome Violence-DOV) 2005 tahun ini yang akan berfokus pada Asia dibicarakan. Gereja-gereja lokal dan nasional dan jaringan dalam berbagai level mengadakan proyek-proyek untuk mengatasi kekerasan dan mempromosikan budaya kedamaian, dua-duanya didalam gereja dan masyarakat. Akan ada 2 peristiwa selama fokus DOV di Asia: pertama pada bulan Juli, membawa cendekiawan-cendekiawan bersama dalam fokus tema dan akan diadakan konsultasi DOV yang lebih besar lagi nantinya.

Sementara itu, Asia mempunyai potensi untuk makmur secara ekonomi di masa depan, namun akan meingkatnya penurunan kesehatan dan kekayaan. Hal ini akan membentuk suatu kekerasan di wilayah ini. Skenario potensial ini menjadi salah satu fokus dari wilayah Asia pada tahun 2005 sehingga DOV wilayah Asia akan lebih relevan.

Hal itu disuarakan oleh Rev. Rothangliani R. Chhangte dari American Baptist Churches USA sat peluncuran formal dari DOV Fokus Asia pada tanggal 2 April. Ia menyatakan solidaritas dan pesan dari gereja AS untuk gereja-gereja di Asia.

Fokus DOV pada Asia akan menjadi jendela dimana mata dari dunia dapat melihat bagaimana mengatasi kekerasan sudah dilakukan oleh gereja-gereja di Asia.

Koordinator DOV Rev. Hansulrich Gerber mengatakan, " Tidak terhitung banyaknya orang yang teluka oleh karena kekerasan, dan biayanya sangat tidak mungkin didapatkan."

Ia menambahkan, menurut World Health Organization, sekitar 1.6 juta orang hilang nyawanya akibat kekerasan. Sekitar setengah bunuh diri, sepertiga pembunuhan dan seperlima karena konflik bersenjata.

Sidang umum CCA ke 12 akan berlanjut sampai Rabu, 6 April.



Sandra Pasaribu

 
Dari Asia-Pacific  
Pemerintah China Mengecam Vatikan karena Undang Empat Uskup
Pemerintah RRC yang melarang warga Katoliknya mengakui Paus, menolak sebuah undangan kepada empat uskup China ke Roma, dengan mengatakan hal itu menunjukkan tidak menghormati Beijing. Beijing ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang