Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Afrika & Timur Tengah
Amerika
Asia-Pasifik
Eropa
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Asia-Pacific  > China
 

China Tangkap 6 Pemimpin Kristen Bawah Tanah

Polisi menyerbu sebuah misa di "gereja rumah" yang dihadiri sekitar 100 umat pada Minggu pagi (6/11) di desa Nantan, wilayah Wuyang, dan menangkap enam pemimpinnya

Wednesday, Nov. 9, 2005 Posted: 1:11:15PM PST

Enam pemimpin Kristen ditangkap di provinsi Henan, China tengah, sementara pemerintah terus melakukan penindasan terhadap gereja-gereja bawah tanah.

Polisi menyerbu sebuah misa di "gereja rumah" yang dihadiri sekitar 100 umat pada Minggu pagi (6/11) di desa Nantan, wilayah Wuyang, dan menangkap enam pemimpinnya, kata kelompok Asosiasi Bantuan China yang berpusat di Texas itu, Selasa (8/11), Antara memberitakan.

Hingga Senin (7/11), empat orang dibebaskan namun polisi mengatakan bahwa dua orang masih ditahan dan tidak akan dibebaskan kecuali jika mereka berjanji menghentikan pertemuan-pertemuan semacam itu, kata kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan.

Pihak kepolisian setempat belum bisa dihubungi untuk diminta komentar mereka dan seorang polisi di biro urusan agama Wuyang membantah mengetahui insiden tersebut.

Kelompok hak asasi itu mengatakan, sekitar 12 anggota dan pemimpin gereja-gereja rumah ditangkap di lima kota di provinsi Hunan, China tengah, sejak Juli.

Beberapa dari mereka, anggota sebuah kelompok terkenal yang disebut Kemitraan Gospel China, disiksa dan diseret oleh agen-agen Keamanan Negara dalam upaya mengorek keterangan dari mereka, katanya.

Beberapa orang dipaksa memata-matai gereja dan diancam bahwa anggota-anggota keluarga mereka akan dibunuh jika mereka tidak bekerja sama, katanya.

Badan Keamanan Provinsi Hunan menolak berkomentar mengenai hal itu Selasa dan laporan tersebut belum bisa dikonfirmasi secara indipenden.

Pemerintah komunis China mengawasi secara ketat semua kegiatan keagamaan dan menekankan bahwa orang Kristen bisa beribadah secara resmi hanya di gereja-gereja yang ditentukan negara, dan polisi seringkali menangkap mereka yang membangkang ketentuan tersebut.

Jutaan orang memilih datang ke gereja-gereja rumah atau bawah-tanah yang tidak terdaftar di pemerintah dan menolak campur tangan para pejabat.

Banyak pemimpin gereja-gereja ini ditangkap dan dipenjarakan dan gereja-gereja itu juga diserbu dan ditutup untuk selamanya.






Eva N.

 
Dari Asia-Pacific  
Pemerintah China Mengecam Vatikan karena Undang Empat Uskup
Pemerintah RRC yang melarang warga Katoliknya mengakui Paus, menolak sebuah undangan kepada empat uskup China ke Roma, dengan mengatakan hal itu menunjukkan tidak menghormati Beijing. Beijing ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang