Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Afrika & Timur Tengah
Amerika
Asia-Pasifik
Eropa
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Asia-Pacific  > Japan
 

James Koda Kazuo Terpilih Menjadi Uskup Auksilier Untuk Keuskupan Agung Tokyo

Penobatan Pastor Koda sebagai Uskup dilakukan pada 29 November oleh Paus Yohanes Paulus II

Monday, Dec. 6, 2004 Posted: 2:24:33PM PST

James Koda Kazuo adalah seorang imam yang memiliki pelayanan pastoral di Jepang. Pelayanannya terfokus pada pelatihan kaum awam dan pelayanan umat Katolik warga asing .

Beliau juga menjabat sebagai Direktur Kantor Evangelisasi dan Pelayanan Pastoral Keuskupan Agung Tokyo yang bertanggungjawab untuk mengorganisir kembali keuskupan agung itu agar sesuai dengan tiga prioritas utama, yakni melatih kaum awam untuk menghayati misi Injil, melayani umat Katolik warga asing, dan memberikan dukungan kepada mereka yang menderita penyakit dan kelemahan mental maupun spiritual.

Sebelum masuk seminari, James Koda adalah lulusan sarjana hukum dari Universitas Gakushuin di Tokyo. Ia resmi dibabtis menjadi Katolik saat berumur 21 tahun dan ditahbiskan menjadi imam untuk Keuskupan Agung Tokyo pada tahun 1985.

Karya pelayanannya terhadap sejumlah paroki dilakukannya hingga tahun 1997 ketika ia menjadi moderator di Seminari Katolik Tokyo. Pada tahun 2002 lalu, ia berkarya di kantor-kantor keuskupan.

Dalam perjalanan hidupnya sebagai kristiani yang lahir baru, beliau telah menulis dua buah buku dan sejumlah artikel tentang kehidupan Kristen.

Sebelumnya, jabatan Uskup Auksilier terakhir adalah Uskup Mori Kazuhiro namun beliau sudah pensiun empat tahun yang lalu. Begitupula dengan uskup yang sebelumnya, yaitu Shirayanagi Kardinal Seiichi juga pensiun.

Wilayah Keuskupan Agung Tokyo berpenduduk 18,3 juta orang, dan 89.230 di antaranya Katolik, demikian buku tahunan Vatikan (Annuario Pontificio) 2004. Keuskupan Agung Tokyo memiliki 397 imam, 1 diakon permanen, dan 1.494 kaum religius.

Menurut statistik yang dikeluarkan Maret 2001 oleh Komisi Kerjasama Internasional dari Konferensi Waligereja Jepang, 406.974 dari 894.838 umat Katolik yang terdaftar di Jepang adalah orang asing. Jumlah umat Katolik warga asing yang terbesar adalah orang Brazil (193.000 jiwa), disusul oleh orang Filipina, orang Peru, dan orang Korea. Sedangkan umat Katolik warga asing lain (yang tidak termasuk dalam kelompok orang-orang asing tersebut) berjumlah 45.787.




Nofem Dini

 
Dari Asia-Pacific  
Pemerintah China Mengecam Vatikan karena Undang Empat Uskup
Pemerintah RRC yang melarang warga Katoliknya mengakui Paus, menolak sebuah undangan kepada empat uskup China ke Roma, dengan mengatakan hal itu menunjukkan tidak menghormati Beijing. Beijing ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang