Interaktif

GDOP 2009: Gereja Doakan Pilpres Lancar dan Indonesia Mempunyai Pemimpin Yang Takut Akan Tuhan

Maria F.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Jun. 03, 2009 15:24:51 WIB

Global Day of Prayer tahun 2009 ini diikuti oleh tak kurang dari 220 negara termasuk di Indonesia dan ratusan juta Kristiani di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri tidak kurang dari 200 kota ikut serta berdoa bersama di masing-masing kota dalam acara doa tahunan sedunia ini. Di masing-masing kota umat Kristiani berkumpul bersama baik di gereja lokal, stadion atau tempat-tempat pertemuan lainnya untuk bersama-sama berdoa dengan topic-topik doa yang telah ditetapkan.

Di kota Jakarta, GDOP digelar di Gereja Bethel Gatot Subroto, Jakarta Convention Center, Jakarta dengan dihadiri oleh sekitar 2700 umat Kristen yang datang dari barbagai gereja, organisasi Kristen, serta denominasi gereja yang berbeda.

Dalam kesempatan doa bersama tersebut telah ditetapkan lima pokok doa yakni: pertama berdoa bagi kesatuan tubuh Kristus dan gereja-gereja Tuhan, kedua dalam rangka Pilpres yang akan berlangsung pada 8 Juli 2009, agar Gereja dapat ikut ambil bagian dan bertanggungjawab terhadap Pilpres.

Ketiga, berdoa agar umat Kristiani tidak golput, dan keempat berdoa untuk gereja dapat berperan aktif dalam ikut serta membangun di setiap kota dan ikut serta membantu apabila ada bencana terjadi sebagai wujud kepedulian gereja kepada masyarakat.

Kelima, berdoa untuk gereja dapat membangun lumbung-lumbung dalam ikut serta membangun bangsa Indonesia.

Selain itu, dalam rangka menghadapi Pilpresmendatang, umat Kristiani juga mendoakan agar siapa pun Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih nantinya benar-benar sesuai dengan kehendak Tuhan dan memiliki rasa takut akan Tuhan dalam memimpin bangsa ini.

Para peserta di seluruh dunia juga dihimbau untuk berdoa bagi bangsa mereka masing-masing, dan bangsa-bangsa lainnya. Panitia penyelenggara juga meminta untuk mendoakan topik-topik doa diantanya: untuk orang-orang yang tidak dapat terjangkau di dunia, anak-anak yang berada dalam bahaya oleh berbagai macam sebab, dan berdoa bagi gereja-gereja yang teraniaya.

Diperkirakan terdapat sekitar 2,2 milyar orang di dunia adalah Kristiani, dan 2,8 milyar orang yang telah mendengar tentang injil tetapi bukan Kristiani dan sekitar 1,7 milyar belum mendengar tentang injil.

Ketua panitia GDOP Jakarta, Pdt. Martin Harefa mengatakan bahwa acara GDOP tahun ini bukan hanya berhenti pada hari itu juga tetapi di berbagai daerah juga dilaksanaka kegiatan tanam pohon, pengobatan gratis, serta selama 90 hari mendoakan kota-kota secara bersama-sama.

Next Story : KWI Menghimbau Umat Bertanggung Jawab Saat Memilih Pada Pilpres 8 Juli

Terpopuler

Headlines Hari ini