Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

RI Dukung Mahkamah Internasional Larang Tembok Israel

Friday, Jul. 16, 2004 Posted: 8:56:21PM PST

Indonesia menyambut baik dan mendukung pendapat hukum yang dikeluarkan Mahkamah Internasional di Den Haag pada 9 Juli 2004, yang menegaskan bahwa pembangunan tembok oleh Israel di wilayah pendudukan Palestina adalah illegal.

Pernyataan itu diberikan Juru Bicara Deplu RI, Marty Natalegawa, di Jakarta, Jumat, saat menyampaikan sikap Indonesia atas pendapat hukum Mahkamah Internasional tentang pembangunan tembok oleh Israel itu.

Mahkamah Internasional dalam pendapat hukumnya (advisory opinion) menganggap tindakan Israel tersebut bertentangan dengan hukum internasional dan karenanya pembangunan tembok harus dihentikan dan dibongkar.

Israel juga dianggap berkewajiban secara hukum untuk mengambil langkah-langkah perbaikan terhadap semua kerusakan yang ditimbulkan oleh pembangunan tembok tersebut.

Sejalan dengan pendapat Mahkamah Internasional, Indonesia menegaskan bahwa pembangunan tembok oleh Israel di wilayah pendudukan Palestina bertentangan dengan prinsip-prinsip hukum internasional, khususnya humaniter dan HAM.

"Indonesia juga secara tegas membantah argumentasi Israel yang menyatakan bahwa pembangunan tembok itu dilakukan dalam rangka membela diri, karena dilakukan secara tidak patut serta tidak proporsional," kata Marty.

Pendapat hukum Mahkamah Internasional tentang Israel itu sendiri diambil setelah memperoleh informasi serta pandangan hukum dari negara-negara anggota PBB, termasuk Indonesia, dan berbagai organisasi internasional.

Tercatat 44 negara anggota PBB dan dua organisasi internasional, yaitu Liga Arab dan Organisasi Konperensi Islam (OKI) yang atelah menyampaikan pernyataan mereka secara tertulis tentang pembangunan tembok oleh Israel itu dan 13 negara anggota PBB serta Liga Arab dan OKI yang menyampaikannya secara lisan.

Indonesia sendiri ikut serta dalam semua tahap, baik lisan maupun tulisan.

Sementara itu, Marty juga menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap upaya-upaya damai dalam isu Israel-Palestina serta terhadap visi tentang dua negara, yaitu Palestina dan Israel yang hidup berdampingan secara damai seperti yang dirujuk dalam berbagai resolusi DK PBB. (Ant/O-2)

Sumber:MIOL




 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Thursday, Nov. 10 2005 7:41:02PM PST
Indonesia Suram Tanpa Pluralisme
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pra Sidang Raya Dewan Gereja se-Dunia Akan Digelar di Sulut
Konsultasi Nasional Gereja-gereja di Indonesia Digelar
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang