Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Empat Anggota GKST Tewas di Poros Palu-Kulawi

Tuesday, Jul. 13, 2004 Posted: 12:38:48AM PST

PALU -- Empat orang anggota jemaat Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) Imanuel Palu, meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di poros jalan Palu-Kulawi.

Korban yang meninggal dunia akibat mobil yang mereka tumpangi terjerumus masuk ke dalam Sungai Gumbasa Palu, sekitar 40km selatan Palu pada hari Minggu itu, yakni Penatua (Pnt) Samuel Rengku, Pnt Drs Torozaro Halawa, Ny Neilan Reo dan Ny Yamien Leo.

Keterangan yang diperoleh dari Pimpinan GKST Imanuel Palu Pdt Hengky Oktavian Ompi STh, Senin, peristiwa naas tersebut terjadi pada Minggu petang saat kendaraan yang ditumpangi para korban tergelincir dan masuk kedalam saluran air Sungai Gumbasa di desa Pandere.

Menurut saksi mata, mobil yang dikendarai almarhum Samuel Rengku melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Palu menuju desa Pandere, dan ketika melintas di salah satu tikungan tajam, korban tak bisa menguasai kendaraannya dan mobil mereka terjerumus masuk Sungai.

"Penumpang lain sudah mengingatkan Pak Rengku agar mengurangi kecepatan, tapi almarhum tak mengindahkan," ujar Pendeta Ompie mengutip keterangan Ny Jamarante, salah seorang korban yang selamat dari peristiwa naas itu.

Diduga kuat korban meninggal karena terbentur benda keras lalu mati lemas dalam air sungai karena terperangkap dalam mobil.

Sementara tiga korban yang berhasil selamat, termasuk seorang anak almarhuma Ny Jamien Leo sebelum dilarikan ke rumah sakit di Palu sempat menjalani perawatan di Puskesmas Pandere.

Pimpinan GKST Imanuel Palu, Pendeta Hengky Ompie mengatakan setiap usai kebaktian hari Minggu mereka selalu mengadakan kunjungan pelayanan ke tiap jemaatnya di Lembah Palu dan Kabupaten Donggala.

Saat itu, kelompok IV yang diketuai Drs Torozaro Halawa mendapat tugas pelayanan kunjungan ke jemaat mitra Pandere, dan kelompok lain ke jemaat mitra Palolo dan Donggala.

Ompie mengakui, keempat korban yang pada tewas kecelakaan itu tercatat sebagai pengabdi setia di gerejanya. "Pak Rengku dan Halawa memiliki jabatang penting di gereja." ujarnya sembari sesekali menghapus airmata karena tak kuasa menahan kesedihan atas kepergian orang-orang dekatnya itu.

Samuel Rengku yang juga salah seorang anggota pengurus harian Kadin Sulteng semasa hidupnya akrab dengan wartawan. (Ant/O-1)

Sumber:MIOL




 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Thursday, Nov. 10 2005 7:41:02PM PST
Indonesia Suram Tanpa Pluralisme
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pra Sidang Raya Dewan Gereja se-Dunia Akan Digelar di Sulut
Konsultasi Nasional Gereja-gereja di Indonesia Digelar
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9