Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Right
 

Penyelesaian Kasus Buyat

Presiden: Harus menjadi Prioritas Kerja Pemerintah

Saturday, Dec. 11, 2004 Posted: 4:40:38PM PST

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Menneg Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, mengatakan penyelesaian kasus Buyat seharusnya menjadi prioritas kerja pemerintah, khususnya pemerintah daerah di Sulut.

" Masalah ini agar diberikan prioritas yang tinggi oleh pemerintah, khususnya pemerintah daerah. Masalah kesehatan oleh pemerintah daerah kurang diberikan prioritas yang tinggi, sepertinya kurang ada komunikasi, " ujarnya kepada pers di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup, 8 November.

Witoelar berbicara di hadapan wartawan setelah sebelumnya menghadap Presiden SBY guna membicarakan seputar masalah di Buyat.

Lebih lanjut lagi, Rachmat menuturkan, pertemuannya dengan pihak PT Newmont sudah beberapa kali dilakukan.

" Ketika bertemu dengan pihak Newmont, saya bilang secara resmi pemerintah akan memproses secara hukum karena saudara dianggap bersalah. Tetapi mereka tidak setuju dengan pernyataan pemerintah kita, ¡± papar Rachmat.

¡° Beberapa hari kemudian ada orang dari Newmont Amerika menemui saya di sini menanyakan hal yang sama. Tapi sa-ya tetap menjawab bahwa mereka bersalah, dan tidak ada tawar-menawar. Berkas kasus Newmont sudah masuk ke Jaksa Agung dan kami sudah menyiapkan saksi-saksi ahli dan menyiapkan barang bukti yang banyak,¡± tegasnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Asisten Deputi Penegakan Hukum Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup, Sudarsono, menjelaskan tuntutan yang akan diajukan kepada PT Newmont.

¡° Tuntutan yang diminta kepada pihak Newmont adalah segala biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah dan pihak lain yang membantu masyarakat Buyat ini harus diganti. Kerugian masyarakat Buyat secara ekonomi dan so-sial harus diganti, juga ling-kungan hidup yang rusak. Pihak Newmont juga dituntut membersihkan lingkungan di sekitar warga Buyat, ¡± ungkap Sudarsono.



Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9