Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Dua Gereja dan RS Baghdad Dibom, 8 Tewas

Wednesday, Nov. 10, 2004 Posted: 7:48:21PM PST


Baghdad

Serangkaian ledakan bom mobil kembali mengguncang dua gereja dan sebuah rumah sakit yang merawat para korban ledakan bom di gereja, menewaskan sedikitnya delapan orang dan mencederai puluhan lainnya, Senin (8/11) malam saat gelombang ledakan mengguncang ibukota Irak. Sementara dengan opensip ke Fallujah dan tiga pos polisi di Baquba menewaskan puluhan orang.

Satu bom mobil meledak di luar gereja Katolik St. George di selatan Baghdad sekitar pukul 6.30 sore waktu setempat (22.30 WIB), disusul beberapa menit kemudian ledakan kedua di luar gereja St. Matthew. Kondisi gereja tampak hancur akibat ledakan yang dilakukan para militan itu.

Para korban dari kedua ledakan dibawa teman-teman atau sanak keluarga mereka yang cedera dalam keadaan pakaian terkoyak dan berlumuran darah dan segera dilarikan ke rumah sakit Yarmouk. Seorang dokter mengatakan sedikitnya tiga orang tewas dan 40 lainnya cedera.

Beberapa jam kemudian, seorang pelaku bom bunuh diri menyeruduk empat mobil polisi yang diparkir di luar pintu masuk rumah sakit tersebut, menewaskan sedikitnya lima personil polisi, ujar polisi.

Beberapa ledakan kemudian menggema di sepanjang kota itu lewat tengah malam namun belum ada informasi seputar adanya korban.

Gelombang aksi pemboman menghantam Baghdad saat Marinis AS memulai serangan skala-penuh untuk menangkap pemberontak kota Muslim Sunni Fallujah, 50 km barat ibukota.

Dalam ledakan terbaru dari hampir setiap hari aksi pemboman di jalan utama menuju bandara Baghdad, sedikitnya tiga orang tewas dalam serangan bom mobil bunuh diri atas pos pemeriksaan Senin pagi waktu setempat.

Para pemberontak yang menentang pemerintah sementara Irak dan pendukungnya AS meningkatkan gelombang aksi penyerangan di sepanjang negara itu sejak pasukan AS memulai pembangunan kembali atas Fallujah yang porak-poranda akibat serangkaian ledakan dan penyerangan para pemberontak maupun militer AS.

Minoritas Kristiani di Irak juga menjadi target penyerangan. Lima gereja dihantam serangkaian aksi pemboman Oktober lalu yang tampaknya direncanakan untuk mengintimidasi komunitas Kristiani yang sudah diguncang serangkaian serangan hingga menewaskan beberapa orang Agustus lalu.

650.000 umat Kristiani kebanyakan mereka dari ajaran Chaldean, Assyrian dan Katolik merupakan tiga persen populasi di sana.

SIB





 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Thursday, Nov. 10 2005 7:41:02PM PST
Indonesia Suram Tanpa Pluralisme
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pra Sidang Raya Dewan Gereja se-Dunia Akan Digelar di Sulut
Konsultasi Nasional Gereja-gereja di Indonesia Digelar
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9