Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Bom Ditemukan di Gereja Maranatha

Monday, Oct. 25, 2004 Posted: 8:48:19PM PST

Ambon -- Sebanyak 15 bom rakitan ditemukan di dekat Gereja Maranatha, Ambon, Maluku, Sabtu (23/10). Bom dengan daya ledak rendah atau low explosive tersebut dijinakkan oleh tim Gegana dari Kepolisian Resor Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun materi.

Menurut Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Ajun Komisaris Besar Leonidas Braksan di lokasi kejadian, Sabtu malam, bom ditemukan dalam sebuah tas ransel di ruang ganti gedung pertemuan Baileo Oikumene, yang berada dalam Kompleks Gereja Maranatha di Jalan Pattimura, Ambon.

Saat itu di gedung pertemuan tersebut sedang diadakan kegiatan yang bertema "Balagu Batu Badaong" oleh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura. Kegiatan keagamaan yang dimulai sejak pukul 17.00 WIT tersebut terbuka untuk umum.

Seusai pergelaran acara, di ruang ganti Baileo Oikumene ditemukan sebuah tas ransel yang tidak diketahui siapa pemiliknya. Karena itu, tas tersebut kemudian dibawa ke luar gedung. Ketika dibuka di depan gedung, tas yang berat tersebut ternyata berisi bom. Kejadian itu langsung dilaporkan kepada Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease sekitar pukul delapan malam.

Tim Gegana pun langsung diterjunkan ke lokasi untuk menjinakkan bom itu. Daerah di sekitar tas ransel di depan pintu masuk gedung juga dipasang pita kuning polisi sebagai tanda larangan melintas. Lokasi sekitar gedung langsung diamankan polisi, terutama dari masyarakat yang banyak berada di sekitar lokasi kejadian.

Sekitar pukul 21.30, sebuah bom bisa dijinakkan dan menimbulkan ledakan dengan suara cukup keras disertai percikan api. Sebuah bom terlempar hingga ke samping gedung pertemuan, tetapi tidak meledak. Sisa bom sebanyak 14 buah selanjutnya diamankan polisi.

"Perlu dilakukan penyelidikan dahulu sebelum menyimpulkan penemuan bom ini," kata Leonidas. Menurut dia, motifnya baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang ada.

Dari hasil penyelidikan sementara, bom rakitan itu merupakan bom dengan daya ledak rendah yang menggunakan bahan bakar berupa kupasan pemantik api yang terdapat pada korek api. Menurut Leonidas, jenis bom tersebut biasa ditemukan di daerah Ambon.

Sebelumnya, pada 20 Oktober lalu, juga ditemukan sebuah bom di pagar Gereja Silo Ambon. Bom itu tidak meledak karena bisa dijinakkan tim Gegana Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. Di samping itu, pada 7 Oktober, dua bom meledak di sebuah tanah kosong yang terletak sekitar 100 meter dari Gereja Silo. (MZW)

Kompas



 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Thursday, Nov. 10 2005 7:41:02PM PST
Indonesia Suram Tanpa Pluralisme
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pra Sidang Raya Dewan Gereja se-Dunia Akan Digelar di Sulut
Konsultasi Nasional Gereja-gereja di Indonesia Digelar
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9