Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Arsip
Penganiayaan
Strategi Misi
Umum
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Missions  > Strategy
 

Pelayanan Medis Perkantas yang Holistik dan Strategis

Menyembuhkan tidak hanya secara fisik tapi juga secara rohani

Saturday, Mar. 5, 2005 Posted: 5:22:51PM PST

Dunia medis merupakan salah satu ladang pelayanan Kekristenan yang memiliki keunikan tersendiri. Hal ini diterapkan oleh tim pelayanan medis dari Perkantas. Keunikan terletak pada karakteristik pelayanannya yang bersifat Holistik dan Strategis.

Holistik artinya bahwa selain pelayanan medis rohani dan spiritual, tim medis Perkantas juga mampu melakukan pengobatan fisik secara maksimal kepada setiap pasiennya. Bentuk pelayanan ini sama seperti yang dilakukan Yesus.

Yesus menyembuhkan banyak orang, tidak hanya sakit secara fisik saja tapi juga menyembuhkan penyakit rohani mereka. Inilah hakekat pelayanan medis sejati. Pelayanan medis Perkantas juga bersifat Strategis, artinya mampu menjangkau semua lapisan masyarakat, karena pelayanan ini dibutuhkan oleh semua orang tanpa memandang status sosial, agama, budaya, dan ras.

Menurut Drs. Eliyunus Gulo, M. Div, staf pendamping pelayanan medis menjelaskan bahwa pelayanan medis di Perkantas Jakarta adalah sebagai wadah untuk memfasilitasi terwujudnya visi pelayanan medis Perkantas, yaitu Menghasilkan dokter/ dokter gigi Kristen yang hidup bersekutu dengan Tuhan sehingga terpanggil melayani manusia ciptaan-Nya secara holistik melalui profesinya dalam konteks keluarga, gereja, masyarakat, bangsa dan negara.

Tiga wadah yang memfasilitasi visi pelayanan Perkantas itu antara lain, Persekutuan Kristen Medis Jakarta (PMKMJ) yang memfokuskan pembinaan kepada mahasiswa Kristen medis (pra-klinik) untuk memperlengkapi dasar kekristenan yang benar dan wawasan dunia profesi medis ; Persekutuan Mahasiswa Co-As (Klinik) yang memberikan pelayanan kepada mahasiswa kedokteran yang sedang menjalani pendidikan praktek di rumah sakit ; Persekutuan dan Pembinaan Alumni yang memberikan pelayanan kepada para alumni Kristen medis, yaitu menjadi dokter dan dokter gigi Kristen dalam hal iman dan profesionalisme mereka.

Secara khusus, pelayanan medis Perkantas merupakan tugas panggilan sebagai tenaga medis yang bukan sekedar menyembuhkan orang sakit, melainkan melayani dengan landasan kasih Kristus.




Yunita Tjokrodinata

 
Dari Missions  
Jemaat HKBP Getsemane Jati Mulya Mengalah
Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)Getsemane di Jati Mulya, Bekasi, membuat kesepakatan untuk tak menjadikan rumah tempat tinggal sebagai tempat ibadah. Untuk sementara, jemaah HKBP Getsemane ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang