Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Arsip
Penganiayaan
Strategi Misi
Umum
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Missions  > Persecution
 

Gereja GKII Karawang Masih Ditutup

Jemaat Gereja Masih Menunggu Keputusan yang Pasti.

Monday, Nov. 22, 2004 Posted: 4:22:06PM PST

Jemaat dari sebuah gereja Protestan di Indonesia sampai tanggal 19 November masih menunggu hasil keputusan dari sebuah insiden dengan lingkungan sekitarnya yang mayoritas Muslim, yang pada tanggal 24 Oktober menyerang gereja itu. Setelah kejadian itu, Gereja Kristen Injili Nusantara (GKII) di Puri Kosambi, Karawang ditutup oleh pihak yang berwenang dan sampai tanggal saat ini belum dibuka.

Kekerasan yang terjadi pada bulan Oktober itu adalah kekerasan ketiga yang telah menimpa Gereja Kristen Injili Nusantara sejak didirikan pada tahun 1997. Pada tanggal 23 Oktober anggota koor gereja berkumpul untuk berlatih untuk kebaktian minggu. Akan tetapi, lingkungan Muslim disekelilingnya mengeluh atas suara yang ditimbulkan. Pada sore harinya seorang anggota polisi memperingati pendeta gereja, Pdt.Suhardi yang tinggal di gereja untuk lari. Tidak lama sesudah itu sekitar 500 orang muncul dan merusak gereja dengan mematahkan kursi dan merusak atap dari gereja. Sistem suara, altar, pintu dan jendela gereja juga dirusak. Penyerang diidentifikasi sebagai para anggota dari Front Pembela Islam (FPI). Sejak serangan itu gereja tidak dapat mengadakan kebaktian.

Pada tanggal 25 Oktober anggota-anggota FPI meminta yang berwenang untuk menutup gereja secara permanen, walalupun kantor Urusan Agama Regional telah memperbolehkan kongregasi itu untuk mengadakan kebaktian. Polisi juga sedang mengidentifikasikan apakah ada dasar legal untuk menutup gereja itu secara permanen.

Sampai tanggal 12 November dilaporkan Pdt. Suhardi dan keluarganya masih tinggal di tempat sementara sedangkan jemaat gerejanya menghadiri kebaktian di gereja lain di kota yang sama



Yunita Tjokroadinata

 
Dari Missions  
Jemaat HKBP Getsemane Jati Mulya Mengalah
Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)Getsemane di Jati Mulya, Bekasi, membuat kesepakatan untuk tak menjadikan rumah tempat tinggal sebagai tempat ibadah. Untuk sementara, jemaah HKBP Getsemane ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang