Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Arsip
Penganiayaan
Strategi Misi
Umum
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Missions  > General
 

Sinode Umum XXI Gereja Kalimantan Evangelis Digelar

Hasil sinode menetapkan Pdt Prapatriotis menjadi Ketua Umum

Tuesday, Jul. 12, 2005 Posted: 9:36:13AM PST

Sinode Umum XXI Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) digelar di Balikpapan mulai 4-7 Juli dihadiri sekitar 700 peserta utusan dari GKE seluruh Kalimantan. Sidang itu dibuka oleh Wakil Gubernur Kaltim, Drs Yurnalis Ngayoh MM.

Sinode itu telah menghasilkan beberapa keputusan di antaranya, mengesahkan Hasil Panitia Pemilihan sebagai Keputusan Sinode Umum XXI GKE, menetapkan daftar keanggotaan Majelis Sinode (MS), Majelis Pertimbangan (MP), serta Badan Pengawas Keuangan (BPK) GKE.

Dalam sambutannya, Yurnalis mengatakan, gereja harus terus meningkatkan toleransi baik antar maupun internal umat beragama dengan dukungan semua komponen masyarakat, terus meningkatkan tali persaudaraan dan komunikasi sosial yang edukatif dan religius.

Menurutnya, gereja hendaknya dapat memberikan pelayanan, bimbingan, dan keteladanan kepada segenap umat sehingga secara langsung akan dapat menciptakan nuansa yang harmonis, indah, dan damai dalam kehidupan yang beraneka ragam suku bangsa, bahasa, dan budaya. "Kita perlu wadah bagi seluruh pemuka umat beragama untuk dapat membangun hubungan dalam menjaga dan mempererat tali persaudaraan antara umat beragama satu dengan yang lain," kata Yurnalis Ngayoh kepada Kaltim Post.

Bagi Pemerintah Provinsi Kaltim, katanya, Sinode ini memiliki arti tersendiri, pasalnya berlangsung dalam suasana bangsa Indonesia yang sedang giat melaksanakan pembangunan dalam bingkai reformasi.

Pdt Drs Prapatriotis H Oedoy M Th dalam pidatonya sebagai pesan Sinode Umum mengungkapkan, sebagai persidangan tertinggi dalam keputusan Sinode Umum GKE dengan suatu pengharapan yang kuat mencoba mengungkapkan secara jelas kesadaran GKE akan kepekaan dan bersama-sama memperluas wawasan kesatuan, tertib hukum, sebagai wujud partisipasi gereja bagi keutuhan dan pembaruan bangsa pada era globalisasi.

Ia menjelaskan, berdasarkan tema dan sub tema Sinode Umum XXI GKE hendaknya selain menyatukan persepsi dan visi tentang perlunya upaya bersama-sama untuk memperkuat wawasan kesatuan, tertib hukum dan upaya kemandirian gereja ini sebagai wujud partisipasi, gereja juga harus dapat mengupayakan peningkatan kualitas SDM, serta saling topang menopang antara sesama umat beragama, menciptakan kondisi yang kondusif, membangun mental spiritual generasi muda bangsa, meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, mengutamakan kepentingan rakyat, pengembangan kesadaran akan kemajemukan baik budaya dan agama serta mendukung sepenuhnya upaya masyarakat untuk memperjuangkan hak dalam memanfaatkan kekayaan sumberdaya alam bagi peningkatan kesejahteraan hidup.

Sidang Umum yang merupakan persidangan tertinggi dalam kehidupan GKE ini dilaksanakan, selain untuk menampakkan kesatuan gereja juga untuk mengawasi, membimbing, dan menilai semua kegiatan gereja. Dan dalam materi persidangan dilaporkan Pertanggungjawaban Majelis Sinode GKE masa bakti 2000-2005, Pemilihan Pengurus Majelis Sinode GKE periode 2005-2010, dan Penyusunan Program Kerja periode 2005-2010.




Sandra Pasaribu

 
Dari Missions  
Jemaat HKBP Getsemane Jati Mulya Mengalah
Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)Getsemane di Jati Mulya, Bekasi, membuat kesepakatan untuk tak menjadikan rumah tempat tinggal sebagai tempat ibadah. Untuk sementara, jemaah HKBP Getsemane ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang