Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Afrika & Timur Tengah
Amerika
Asia-Pasifik
Eropa
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Europe  > General
 

Era Kepemimpinan Paus Benediktus XVI Dimulai

Tuesday, Apr. 26, 2005 Posted: 1:45:01PM PST


Paus Benediktus XVI disambut oleh kerumunan selama kunjungannya ke Basilika Santo Paulus, Roma, 25 April, 2005. (REUTERS/Osservatore Romano)

Era kepemimpinan Paus Benediktus XVI secara resmi dimulai hari Minggu, 24 April dengan mendekati Yahudi, umat Kristiani lain dan “non-keyakinan” pada misa inaugurasinya. Paus berjanji membawa peri-kemanusiaan kembali ke Tuhan dan mengubah dunia yang disebutnya mengalami kepedihan dan kemelaratan.

“Program pemerintahan saya yang sebenarnya adalah tidak melakukan keinginan saya, tidak mengejar ide-ide saya, namun untuk mendengar bersama-sama seluruh Gereja atas kalimat dan keinginan Tuhan,” katanya.

Meski kelihatan lelah dan kadangkala batuk, Paus Benediktus XVI tetap mendapat tepuk tangan lebih dari 40 kali, khususnya saat ia berdoa dengan khusuk mendoakan pendahulunya, Paus Paulus Yohannes II.

“Dan pada saat ini, saya melayani Tuhan dan harus mengemban tugas besar ini yang sebenarnya melampaui kemampuan manusia,” ujarnya. Dia mengutip ucapan Paus Yohannes saat pengukuhannya tahun 1978 yang menyatakan: “Jangan takut.”

Dalam kesederhanaannya, Paus Benediktus XVI secara jelas menekankan bahwa ia ingin mendekati umat Kristen lain, menyampaikan “salam khusus” kepada mereka, begitu juga dengan Yahudi “kepada mereka kami bersatu dengan saling membagi warisan spiritual besar.”

Dalam salah satu tindakan pertamanya, Paus Benediktus XVI mengundang kepala Rabbi Roma untuk menghadiri Misa pengukuhannya. Namun Rabbi Riccardo di Segni tidak bisa menghadiri Misa itu karena dimulainya Misa Khusus Yahudi.

Sejumlah politikus dan orang terkemuka dari 131 negara menghadiri Misa pengukuhan Paus Benediktus XVI. Diantara yang hadir termasuk Kanselir Jerman Herhard Schroeder, Pangeran Monako Albert II, Pangeran Inggris Phillip dan Gubernur Florida Jeb Bush, saudara Presiden AS George W Bush. Beberapa pemimpin negara Islam juga hadir sementara pemimpin Yahudi tidak hadir karena bertepatan dengan hari libur Misa Paskah Yahudi.

Ia mengakhiri misa dengan mendatangi kerumunan orang sambil melambaikan tangan dari mobil putih atap terbuka yang dijaga ketat dan menerima tamu di Basilika Santo Petrus.



Nofem Dini

 
Dari Europe  
Alkitab 100 Menit Dikeluarkan
Meski diwajibkan, para pemeluk agama terkadang enggan untuk membaca kitab suci. Ini lantaran ukurannya yang tebal. Kini tersedia sebuah Alkitab yang dapat dibaca hanya dalam waktu 100 menit atau kurang ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang