Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Afrika & Timur Tengah
Amerika
Asia-Pasifik
Eropa
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Europe  > General
 

Kristiani Orthodox Merayakan Natal

Saturday, Jan. 8, 2005 Posted: 5:12:30PM PST


Kristiani Orthodox di Rusia sedang mengikuti misa Liturgi Natal di Gereja Katedral Moskow yang berlangsung pagi hari, 7 Januari 2005. Foto : AP Photo/Str

Anak-anak muda Ukraina menggunakan pakaian nasional dan tradisional Natal, menyanyikan lagu-lagu Natal di sebuah gereja Katolik tepatnya di kota sebelah barat, Lviv pada 7 Januari 2005. Orthodox dan Yunani Katolik tampak gembira merayakan Natal bersama. Foto : REUTERS/Gleb Garanich.

Jutaan penganut Kristiani Orthodox dari seluruh dunia menyalakan lilin bersama pada Jumat, 7 Januari 2005 dalam rangka memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Ini adalah hari epiphany, dimana perayaan Natal bagi kebanyakan orang Kristiani Orthodox di Eropa Timur, mengikuti kalender Julian. Berbeda dengan perayaan Natal bagi penganut Katolik dan sebagian penganut Protestan yang merayakan Natal setiap 25 Desember, mengikuti kalender Gregorian.

Patriarch Alexy II dari Rusia menyampaikan harapannya di hari Natal ini untuk kedamaian dan kemakmuran untuk seluruh penduduk dunia.

Beliau juga mengajak umat merenungkan kejadian-kejadian tragis yang terjadi di tahun 2004, atas jatuhnya dua pesawat udara bulan Agustus dan penyanderaan anak-anak sekolah bulan Sepetember di Beslan sebagai peristiwa yang memilukan.

Segala tindakan kejahatan di muka bumi ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak beriman, para teroris telah membunuh anak-anak sekolah Tk yang tidak berdosa. Kematian para korban yang tidak berdosa menjadi dukacita yang mendalam dan menusuk hati bagi orang yang melihatnya, katanya.

Dibalik semua tragedi memilukan itu, kita harus memberikan penghiburan dan kasih kepada saudara-saudara kita yang ada dalam penderitaan, seperti ajaran dalam kitab injil , tambah Alexy II.




Shinta Marthawati

 
Dari Europe  
Alkitab 100 Menit Dikeluarkan
Meski diwajibkan, para pemeluk agama terkadang enggan untuk membaca kitab suci. Ini lantaran ukurannya yang tebal. Kini tersedia sebuah Alkitab yang dapat dibaca hanya dalam waktu 100 menit atau kurang ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang