Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Arsip
Mata Kristiani Pos
Suara Bangsa
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Editorial  > Voice of People
 

Dampak Kekristenan (2)

Oleh: Arie Saptaji

Friday, Oct. 14, 2005 Posted: 10:12:15AM PST

Dampak Kekristenan (2)
Oleh: Arie Saptaji


Ekonomi

Sejak awalnya, Alkitab telah memperlihatkan adanya peperangan rohani yang dimulai dengan pemberontakan Lucifer terhadap Tuhan. Lucifer yang tadinya adalah malaikat Allah yang mulia berubah menjadi Satan, yang berarti musuh. Dengan demikian, peperangan yang dimulai dari surga dan meluas ke bumi ini menyeret manusia ke dalamnya dan mempengaruhi setiap aspek kehidupan, termasuk perekonomian.

Allah menghendaki manusia berhasil dan makmur. Untuk itu, Ia memberikan sistem ekonomi yang dapat membantu kelangsungan hidup manusia di negeri yang diberikan-Nya. Ketika membawa Israel keluar dari Mesir, Allah memberi mereka dasar-dasar hukum untuk membentuk sistem ekonomi yang menjamin hak, nyawa, harta, moral dan kesejahteraan manusia. Sebuah sistem ekonomi yang adil.

Di dalam Sepuluh Perintah Allah kita menemukan perintah "Jangan mencuri" dan "Jangan mengingini... apa pun yang dipunyai sesamamu". Kedua perintah ini merupakan landasan bagi hak milik pribadi, dasar untuk sebuah sistem perekonomian yang sehat. Hak milik pribadi ini selanjutnya merupakan dasar bagi kapitalisme, dalam pengertia pemilikan pribadi kekayaan untuk berproduksi". Dibarengi dengan etos Kristiani yang nantinya dikembangkan oleh Kaum Puritan, kapitalisme telah mendatangkan kekayaan dan kemakmuran luar biasa bagi penganutnya.

Secara ringkas, etos kerja Kristiani adalah sebagai berikut: 1) kita tidak dikungkung oleh kekhawatiran yang membuat frustasi dan menghambat kreativitas karena yakin bahwa Allah akan menjaga dan memelihara kita; 2) kita mendapatkan bantuan dan tuntunan Allah yang memberikan kekuatan untuk menjalankan tugas kita; 3) kita memiliki kearifan dan gagasan baru yang bersumber dari hikmat Allah; 4) kita yang telah ditebus diberi kekuatan untuk bertahan dan melanjutkan usaha saat orang lain jatuh dan roboh; 5) kita memiliki tujuan dalam segala sesuatu yang kita lakukan; apa pun pekerjaan kita, kita melakukannya demi kemuliaan Allah.

Dalam buku The Protestant Ethics and the Spirit of Capitalisme, Max Weber telah menunjukkan doktrin predestinasi dalam Protestanisme, khususnya cabang Calvinisme, mampu melahirkan etos berpikir rasional, berdisiplin tinggi, bekerja tekun sistematik, berorientasi sukses (material), tidak-mengumbar-kesenangan-namun-hemat-dan-bersahaja (asketik), serta menabung dan berinvestasi, yang menjadi titik berangkat bagi kapitalisme di dunia modern.

Pendidikan
William Lyon Phelps, seorang tokoh besar pendidikan, mengatakan, "Saya percaya sepenuhnya bahwa pendidikan universitas harus terbuka baik bagi pria maupun bagi wanita; tetapi saya percaya bahwa pengetahuan Alkitab tanpa perguruan tinggi lebih bernilai daripada perguruan tinggi tanpa Alkitab."

Gagasan pendidikan untuk semua orang bersumber secara langsung dari Reformasi, meskipun ada sejumlah upaya sporadis untuk mengadakan reformasi pendidikan sebelum abad keenam belas. Penemuan mesin cetak oleh Johann Gutenberg turut melicinkan jalan menuju perkembangan fenomenal dalam bidang pendidikan ini. Sejarahwan gereja dari Universitas Yale, Philip Schaff, berkomentar, "Seni cetak, yang merupakan salah satu persiapan yang ditetapkan Tuhan untuk bergulirnya Reformasi Protestan, menjadi pendorong paling dahsyat bagi penyebaran ajaran Protestan dan budaya modern."

Next Page: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |



 
Dari Editorial  
Cabut SKB No.1/1969
Sungguh tak betul, apa yang dikatakan segelintir orang, bahwa gereja tak bersosialisasi dengan masyarakat. Oleh karenanya, adalah wajar bila warga merusak gereja. Andai mengikuti argumen di atas, gereja ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang