Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Denomination
 

Uskup Agung: Utamakan Persatuan Dan Persaudaraan

Friday, Jul. 9, 2004 Posted: 8:42:48PM PST


Larantuka, Flores Pos -- Uskup Agung Ende, Mgr. Abdon Longinus da Cunha, Pr mengatakan gereja Keuskupan Larantuka harus mengutamakan persatuan dan persaudaraan yang dibangun dengan rasa tanggungjawab. Walaupun banyak tantangan tetapi harus diutamakan persatuan dan persaudaraan sebab Kristus mengajarkan cinta kasih dan persaudaraan.

Hal ini dikemukakan Mgr. Longinus da Cunha saat menyampaikan sambutannya pada acara resepsi 30 tahun Mgr. Darius Nggawa memimpin Keuskupan Larantuka dan serah terima tongkat kepemimpinan dan tahta Keuskupan Larantuka di pelataran depan Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka, Selasa (29/6).

Uskup Longinus mengatakan, pada saat seorang uskup ditahbiskan dianggap sah apabila dihadiri uskup pentahbis dan uskup pendamping pentahbis serta dihadiri banyak uskup. Hal ini menunjukkan bahwa pada saat tahbisan seorang uskup, uskup tersebut masuk dalam kolegium para uskup.

Mewakili kolegium para uskup, Uskup Longinus menyampaikan terima kasih kepada Mgr. Darius Nggawa yang telah berkarya selama 30 tahun di Keuskupan Larantuka.

" Terima kasih atas kerekanan yang telah kami alami di Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Terima kasih dari para uskup se-Regio Nusa Tenggara dan Provinsi Ende karena Mgr. Darius Nggawa adalah motor penggerak kerjasama para uskup se-Nusa Tenggara," tuturnya.

Dikemukakan pula, teman seangkatan Mgr. Darius yang saat ini masih menjadi uskup aktif tinggallah Uskup Atambua, Mgr. Anton Pain Ratu, SVD. Sementara uskup lainnya, adalah bekas muridnya di seminari atau mantan frater yang dibimbingnya baik di Ritapiret maupun Ledalero.

" Saat saya menjadi frater di Ritapiret, Mgr. Darius Nggawa menjadi Praeses Seminari Tinggi Ritapiret," kata uskup.

Khusus Mgr. Fransiskus Kopong Kung, beliau ditahbiskan menjadi imam oleh Mgr. Darius Nggawa. Begitu pula saat beliau ditahbiskan menjadi uskup oleh Mgr. Darius Nggawa.

" Ini merupakan suatu proses regenerasi yang terjadi secara amat meyakinkan. Selain itu, sangat mengesankan dari SVD kepada imam diosesan untuk mengatur daerah ini. Tanda kematangan gereja," tandasnya.

Kepada Mgr. Frans, Uskup Longinus menegaskan, sudah sejak saat tahbisanmu, kolegium uskup telah menguatkan langkahmu. " Saya ingin menegaskan Anda tidak sendiri," ujarnya, sambil mengajak semua umat di Keuskupan Larantuka diminta kesediaannya untuk jalan bersama uskup. " Ziarah imam ini pernah bermula dan Anda memimpin ziarah ini selanjutnya," katanya.

Pada bagian akhir sambutannya, Uskup Longinus mengatakan walaupun gereja bersifat universal, Mgr. Darius Nggawa boleh tinggal dimana saja, tetapi beliau tetap menjadi warga Keuskupan Larantuka. (eno) FP, Kamis (1/7)




 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang