Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Denomination
 

Gereja Katolik Bogor Tegaskan Sikap Netral Terhadap Pilkada

Menyikapi pelaksanaan Pilkada di Kota Depok, Gereja Katolik seluruh Dekenat Bogor Utara, memberikan peneguhan dan pegangan moral

Thursday, May. 26, 2005 Posted: 8:31:21AM PST

Menyikapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Depok, Gereja Katolik seluruh Dekenat Bogor Utara, memberikan peneguhan dan pegangan moral kepada umat Katolik seluruh Kota Depok.

"Peneguhan dan pegangan moral ini dikeluarkan agar umat Katolik memahami proses Pilkada Depok dan menyikapinya dengan arif dan bijaksana," ucap juru bicara Dewan Pastoral Paroki Dekenat Bogor Utara, Romo Robertus Agung Suryanto, OFM, Minggu, 22 Mei 2005, yang dilaporkan Suara Pembaruan.

Suryanto mengatakan, hasil kesepakatan dengan para pastor paroki se-Kota Depok diharapkan bisa menjadi acuan moral bagi umat Katolik dalam menyongsong Pilkada di Kota Depok.

"Gereja Katolik mendukung sepenuhnya keterlibatan umat Katolik dalam proses Pilkada sesuai dengan hati nurani. Hal ini sebagai wujud tanggung jawab umat Katolik untuk berperan serta secara aktif dalam proses pembangunan Kota Depok."

Hendaknya umat Katolik dapat memilih calon kepala daerah yang memiliki komitmen teguh untuk membangun kehidupan yang sejahtera, adil, dan damai.

Lanjut Suryanto, "Sebagai institusi, Gereja Katolik tidak berpolitik praktis. Karena itu, Gereja Katolik bersikap netral, tidak berpihak pada satu partai dan calon mana pun yang terlibat dalam Pilkada."

Menurutnya, apabila ada pernyataan politis dari umat Katolik, pernyataan tersebut adalah aspirasi dan tanggung jawab pribadi. Dan itu tidak mengatas-namakan Gereja Katolik.

"Gereja Katolik mendukung dan mengharapkan sepenuhnya agar proses Pilkada berjalan demokratis, sesuai dengan harapan masyarakat," ucapnya.

Romo Agung menjelaskan, Dewan Pastoral Paroki se-Dekenat Bogor Utara meliputi: Paroki St Mathias Cinere, Paroki St Paulus Depok Lama, Paroki St Herkulanus Depok Jaya, Paroki St Thomas Kelapa Dua, Paroki St Markus Depok II, dan Paroki St Matheus Depok Timur.



Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang