Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Umat Protestan dan Muslim Flores Minta Gereja Katolik Kembangkan Dialog

Dalam menindak-lanjuti harapan Paus Benediktus XVI untuk mengembangkan persahabatan dan dialog antaragama

Monday, May. 9, 2005 Posted: 12:36:01PM PST

Umat Protestan dan kaum Muslim di Pulau Flores meminta Gereja Katolik setempat menindak-lanjuti harapan Paus Benediktus XVI untuk mengembangkan persahabatan dan dialog antaragama. Hal itu dilaporkan UCA News.

Menurut Uca News, Pendeta R.A. Tarully dari Gereja Masehi Injili di Timor mengatakan, umat Protestan menyambut baik ajakan Paus Benediktus untuk meningkatkan persatuan umat Kristiani.

"Adalah keinginan kita semua sebagai murid Kristus," kata Tarully, "bahwa kita membangun jembatan persahabatan. Persatuan kita merupakan impian kita bersama." Kalau dalam konteks Gereja universal terdapat keinginan kuat untuk persatuan di kalangan umat Kristen, lanjutnya, "mengapa di kalangan Gereja lokal tidak kita tumbuhkan dan kuatkan terus budaya dialog dan meningkatkan lagi gerakan ekumene di antara kita?"

Ia mendesak gereja Katolik dan Protestan untuk tidak mengulangi sejarah yang menyebabkan perpecahan di kalangan umat Kristiani. "Kita belajar dari masa lampau bahwa perbedaan dipertajam dan diperlebar karena tidak ada keinginan untuk berdialog," katanya.

Sulaiman Said, seorang Muslim mengatakan kepada UCA News, kaum Muslim berharap bahwa upaya yang Gereja Katolik lakukan mudahan-mudahan dapat membangun jembatan persahabatan dengan para penganut agama lain.

Said mengatakan, “Kita harus terus tingkatkan budaya dialog yang telah kita bangun selama ini untuk menghindari berbagai perbedaan.” Lanjutnya, “Kami menaruh harapan besar pada kalangan Katolik untuk mengulurkan tangannya ke luar guna menjangkau kalangan Muslim untuk membangun kebersamaan yang tulus dan jujur.”

Menurut Said, kaum Muslim di Ende tersentuh dengan cara Paus Benediktus menyambut para pemimpin Muslim menghadiri pelantikannya pada tanggal 24 April lalu. “Keterbukaan Paus Benediktus XVI untuk membangun jembatan persahabatan dengan kaum Muslim menguatkan kehendak kami untuk secara terus-menerus membantu perkembangan dialog dengan Gereja Katolik.”

Sementara itu, Pastor Alex Ganggu SVD yang bergerak di bidang Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Ende ini mengatakan kepada UCA News, 26 April, keuskupan agung bertekad memelihara dan mengembangkan dialog dengan saudara-saudara Muslim dan Protestan.

"Ajakan untuk memperkokoh jembatan persahabatan antara umat Katolik, Protestan, dan Muslim demi keadilan dan perdamaian bersama memang telah lama menjadi komitmen gereja lokal di Flores,” kata Alex.




Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang