Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Denomination
 

Sidang Sinode ke-33 GBKP Dibuka

Ketua PGI berharap umat GBKP dapat mengevaluasi kinerja seluruh kelembagaan moderamen dalam mewujudkan eksistensi umat Tuhan di tengah-tengah masyarakat luas melalui sidang sinode

Tuesday, Apr. 12, 2005 Posted: 10:17:27AM PST


Menggali potensi umat Kristiani, khususnya umat GBKP yang telah tersebar di belahan nusantara, dan memanfaatkan potensi yang ada itu, maka bangsa ini akan dapat membangun ke arah yang lebih baik. Lebih-lebih, bila masing-masing agama menggali potensi yang dimiliki serta memanfaatkannya; akan terbangun bangsa menjadi bangsa yang lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

Menteri Agama menyampaikan harapan itu melalui Sekjen Departeman Agama RI, Prof DR Faisal Ismail, ketika memberikan kata sambutan untuk membuka Sidang Sinode ke-33 Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) di Deli Serdang, Minggu, 10 April.

“Melalui sidang sinode ini diharapkan umat GBKP semakin berkualitas dan berpotensi dalam menempatkan eksistensinya dalam pembangunan bangsa ke arah yang lebih baik di masa-masa mendatang”, kata Ismail.

Kepada sekitar seribu jemaat, Ketua PGI Pdt DR A.A Yewangoe berharap melalui sidang sinode ini umat GBKP dapat mengevaluasi kinerja seluruh kelembagaan moderamen dalam mewujudkan eksistensi umat Tuhan di tengah-tengah masyarakat luas.

“Melalui sidang ini juga diharapkan nantinya, umat yang akan memilih dan menentukan pimpinan GBKP sebagai moderamen ke depan, hendaknya Tuhan menyertainya. Kita mengharap, mereka yang dipilih, adalah juga pilihan Tuhan untuk membangun dan semakin dapat mewartakan firman Tuhan di muka bumi ini”, kata Yewangoe.

Ketua Moderamen GBKP, Pdt Jadiaman Peranginangin DTh menceritakan perjalanan sejarah GBKP yang memiliki dinamika dan romantika. Pada awalnya tahun 1890-an, orang Karo sangat sulit menjadi orang Kristen karena takut dituduh berkomplot dengan penjajah. Namun misionaris meyakinkan masyarakat Karo, kehadiran mereka merupakan panggilan Tuhan untuk mewartakan Firman Tuhan ke seluruh muka bumi ini.

Pdt Jadiaman Peranginangin MTh mengatakan GBKP perlu memiliki daya tarik dan pikat, harus berusaha untuk memperlihatkan jati dirinya, visi dan misi serta aksinya di tengah-tengah masyarakat.




Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang