Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Perayaan Natal Nasional Dibatalkan

Prihatin akan Musibah Nasional Sumatra

Wednesday, Dec. 29, 2004 Posted: 12:56:09PM PST

Panitia Natal Bersama Umat Kristiani Tingkat Nasional tahun 2004 telah memutuskan untuk mengambil inisiatif membatalkan Perayaan Natal Nasional Sehubungan dengan gempa tektonik yang diikuti dengan gelombang pasang tsunami yang melanda Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam. Acara ini rencananya akan dilaksanakan 27 Desember di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC) Jakarta.

Dana perayaan Natal yang sudah terkumpul berjumlah Rp 1 Milyar diputuskan untuk disumbangkan bagi korban gempa di NAD dan Sumatera Utara masing-masing Rp500 juta. Demikian diumumkan Ketua Panitia Natal Bersama Umat Kristiani Tingkat Nasional tahun 2004 yang juga Menteri Perdagangan RI Marie Pangestu, Senin, 27 Desember di Jakarta.

Dalam penjelasannya, Marie Pangestu yang didampingi penasehat panitia TB Silalahi mengatakan pembatalan ini merupakan inisiatif panitia dan telah diberitahukan kepada Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono yang sebelumnya dijadwalkan akan menghadiri acara tersebut.

"Pembatalan ini merupakan inisiatif kami sebagai bentuk keperdulian atas bencana yang dialami saudara-saudara kita di Sumut dan NAD. Dalam keadaan seperti ini akan sulit bagi kami untuk meresapi makna Natal, sementara saudara-saudara kita dilanda bencana yang merenggut nyawa ribuan orang," ujar Marie Pangestu.

Baik Marie Pangestu maupun TB Silalahi mengatakan, persiapan panitia yang dibentuk Oktober lalu, seluruhnya sudah siap, termasuk 8000 box makanan yang diperuntukkan bagi umat yang datang. Makanan tersebut akhirnya disumbangkan bagi yayasan yatim piatu dan korban banjir kali Ciliwung Jakarta yang secara simbolis diserahkan kepada aktivis Romo Sandiawan. "Makanan yang kita pesan sengaja tidak dibatalkan. Sebetulnya bisa saja dibatalkan, tetapi kita putuskan tetap pesan dan dibagikan bagi yayasan yatim piatu dan korban banjir kali Ciliwung, Jakarta,"ujar TB Silalahi.

Di samping dana perayaan Natal yang akan disumbangkan, Panitia Natal Tingkat Nasional saat ini juga berupaya menghimpun sumbangan dari para dermawan dan masyarakat untuk disalurkan secara langsung ke daerah-daerah yang dilanda gempa dan gelombang tsunami.



Eva N.

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang