Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Perayaan Natal di Berbagai Daerah Aman

Perayaan Natal di berbagai daerah termasuk daerah konflik, seperti Ambon di Maluku, Aceh, dan Papua berlangsung aman

Monday, Dec. 27, 2004 Posted: 1:09:25PM PST

Perayaan Natal 2004 di sejumlah daerah, termasuk wilayah rawan konflik, pada Sabtu 25 Desember , berlangsung aman dan damai. Misa di gereja berlangsung dengan dijaga ketat aparat keamanan. Di Gereja Maranatha, Ambon, Maluku, misalnya, para jemaat tetap mengikuti misa dengan khidmat dan seperti tak terpengaruh ketatnya pengamanan yang diterapkan aparat keamanan.

Suasana khidmat juga tampak di Gereja Katedral yang dipimpin Uskup Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi. Mandagi berkhotbah mengenai pemberantasan korupsi dan menjauhi seks bebas. Sementara di Gereja Silo yang rencananya diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono besok, tak ada misa.

Di Gereja Hati Kudus, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, peringatan Natal berlangsung meriah dan khidmat. Ratusan umat Kristiani memadati gereja terbesar di ibu kota Aceh itu. Demikian pula perayaan Natal bersama yang dipusatkan di Gereja Methodist, Banda Aceh.

Misa Natal yang berlangsung di 14 gereja di Kota Mataram dan tempat lainnya di Nusatenggara Barat juga berlangsung khidmat dan aman. Tak seperti tempat lainnya, Gereja Katolik Santa Maria Immaculata, Mataram, mengadakan misa dengan sederhana. Ribuan umat Katolik melakukan misa di bangunan gereja darurat karena bangunan gereja utama masih dalam rehabilitasi pascapembakaran beberapa waktu silam. Mereka tetap antusias mengikuti misa yang dipimpin Pastor Flavianus Endi.

Perayaan Natal di Jayapura, Papua, pun berlangsung khusyuk dan tertib. Untuk memeriahkan Natal, warga Kristen di sana memiliki tradisi menghias sisi jalan raya. Mereka membangun pondok Natal yang menggambarkan kelahiran Yesus Kristus. Salah satu pondok yang dibangun warga di Jalan K.S. Tubun Jayapura. Pondok Natal ini dilengkapi kandang domba tempat Yesus dilahirkan.

Sementara di Surabaya, Jawa Timur, sekitar 25 ribu pemeluk Kristen merayakan Natal di Graha Bethany Family. Kebaktian Natal dipimpin Pendeta Abraham Alex Tanuseputra. Umat Nasrani disuguhi berbagai lagu-lagu pujian Natal yang diiiringi tarian.



Eva N.

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang