Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Perayaan Natal di Seluruh Indonesia Berlangsung Lancar dan Aman

Umat Kristiani Memadati Gereja-gereja

Monday, Dec. 27, 2004 Posted: 12:40:52PM PST


Persembahan tarian pada perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta. (Foto: JP/R. Berto Wedhatama)

Kebaktian Natal di Gereja Immanuel, Jakarta. (Foto: AFP/ Adek Berry)

Di Jakarta, kebaktian malam Natal yang diselenggarakan di Gereja Kristen Indonesia Kebayoran Baru, Jakarta Selatan berlangsung aman dan lancar.

Sekitar 30.000 warga Jakarta dan sekitarnya terlihat antusias mengikuti dua acara perayaan Natal bersama yang berlangsung di Plenarry Hall Jakarta Convention Centre (JCC) dan Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 24 Desember.

Di Makassar, umat Kristiani memenuhi gereja-geraja. Suasana di gereja Katedral yang merupakan gereja terbesar di Makassar dipadati sekitar 2000 jemaat. Misa Malam Natal di gereja itu dipimpin oleh Uskup John Li Kuada.

Perayaan Natal di sejumlah gereja di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara berlangsung aman dan lancar. Beberapa gereja kenamaan di Kota Kendari, diantaranya Gereja Santo Clemens, Ora Et Labora dan Gereja Kebangkitan Indonesia tidak dapat menampung umat sehingga harus menggunakan tenda di luar gereja

Di Bengkulu, pada perayaan Natal 25 Desember, sejumlah gereja yang dipadati umatnya melaksanakan ibadah, mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian setempat. Gereja Sint Carolus di Jln Prof Hajairin, Gereja GKII Jln Merapi Kel. Kebun Tebeng, Gereja HKBP di Jln, Mahakam, Gereja HKI Jln Mahakam, Gereja Metodis di Jln Bakti Husada, dijaga puluhan anggota polisi.

Kebaktian Natal umat Kristiani, di wilayah Bogor sejak Sabtu pagi hingga siang berlangsung di beberapa gereja berlangsung khidmat dan aman.

Dalam merayakan Natal, umat kristiani di Kota Pontianak mendoakan agar Indonesia dapat lebih adil, aman, sejahtera, terbebas dari konsumerisme, kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).

Tema besar sebagai Pesan Bersama Konferensi Waligereja Indonesia dan Persekutuan Gereja-gereja Indonesia itu menjadi inti homili atau khotbah pastur dan pendeta di berbagai gereja pada hari Sabtu atau Natal hari pertama.

Pelaksanaan misa dan perayaan Natal oleh sedikitnya tiga ribuan umat kristiani di Padang berlangsung khidmat, aman dan tertib.

Kapolda Sumbar Brigjend Pol Herman Hidayat mengatakan, hal itu tidak terlepas dari partisipasi aktif masyarakat, jemaat dan pengurus gereja yang sejak awal melaporkan lokasi dan bentuk perayaan Natal.

Umat Kristiani di Kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu pagi berbondong-bondong merayakan hari Natal secara khidmat di gereja-gereja yang tersebar di kota tersebut. Ibadah Natal itu dipagi hari itu dilaksanakan, antara lain di gedung Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) Sentrum Manado, GMIM "Logos", Paniki Satu, Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Wanea.

Sementara itu, pengurus gereja di Batam merasa terbantu atas keberadaan petugas keamanan di dekat gereja mereka ketika para jemaat mengikuti ibadah dan perayaan Natal 2004 di gereja masing-masing, karena keberadaan petugas itu membuat suasana menjadi aman dan tenang. "Saya berterima kasih atas kerja keras pihak keamanan yang membantu dan menjaga keamanan pada perayaan Natal tahun ini," kata Pengurus Gereja GPIB Zebulon Depan Maju Sihite.



Eva N.

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang