Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Uskup Palembang Menerima Tanda Jabatan Keuskupan Tertinggi dari Paus Yohanes Paulus II

Saturday, Dec. 25, 2004 Posted: 9:23:14AM PST


Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ, pada tanggal 20 Desember menerima pallium atau tanda jabatan keuskupan yang tertinggi dari Paus Yohanes Paulus II di Katedral Santa Maria, Palembang. Pallium yang juga merupakan tanda persatuan uskup-uskup dan komunitas Katolik di seluruh dunia itu diserahkan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Malcolm Albert Ranjith Patabendige.

Penyerahan pallium itu dilakukan sebagai rangkaian dari penunjukan Uskup Aloysius menjadi uskup agung pada 24 September 2004. Dengan menerima penyerahan pallium itu, Uskup Agung Aloysius secara resmi akan menjalankan tugasnya memimpin keuskupan metropolitan atau keuskupan pusat di suatu provinsial Gereja Katolik. Keuskupan Agung Palembang disebut keuskupan pusat karena membawahi Keuskupan Tanjungkarang Lampung dan Keuskupan Pangkalpinang Bangka.

Pallium adalah syal lebar dari kain wol putih dengan sulaman enam salib kecil. Lambang kekuasaan uskup agung itu ditenun dari bulu wol yang dihasilkan sebuah peternakan domba milik biara trapis Italia dan disulam oleh suster-suster dari Pulau Sicilia, Italia. Kemudian, pallium diberkati di Gereja Santa Agnes, Italia, dan diinapkan semalam di makam Santo Petrus, Vatikan.

Menurut Mgr Malcolm, pallium itu juga menandakan persatuan Uskup Agung Palembang dengan Santo Petrus sebagai pemimpin gereja pertama. Kesatuan itu membuat Uskup Agung Aloysius mengemban misi pewartaan kabar baik ke seluruh dunia, bukan hanya di wilayah Keuskupan Agung Palembang saja.

Secara khusus, Paus memberi pesan untuk menyebarkan kabar baik di wilayah Gereja Katolik Sumatera. Untuk mendukung tugas berat itu, kata Mgr Malcolm, seluruh umat Katolik harus mendoakan, mencintai, dan mendukung Uskup Agung Aloysius.



Sandra N. Natalia

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9 diploman-doci.com http://https://lands-diplomy.com/specialnosti/stomatolog.html ru-diplomirovans.com www.ru-diplomirovana.com https://ru-diplomirovany.com/--- www.ru-diplomirovanay.com https://ru-diplomirovannie.com/--- http://https://gosznac-diplomy.com/kupit-diplom-v-nizhnem-novgorode 11