Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Ecumenical
 

SR PGI: Pemimpin PGI Harus Menjadi Teladan

Sikap keteladanan dan aspek moralitas penting

Saturday, Dec. 4, 2004 Posted: 2:48:45PM PST

Sidang Raya XIV PGI sudah mulai mendekati puncak final pada tanggal 4 Desember. PGI akan memilih calon pemimpin gereja baru yang akan menjabat sebagai ketua umum dan sekretaris umum.

Nama-nama calon yang berpeluang besar dipilih sebagai kandidat ketua umum ada empat orang, yakni Pdt Andreas A Yewangoe, Pdt John Titaly ( Rektor Universitas Kristen Satya Wacana ), Pdt Natan Setiabudi ( Ketua Umum PGI ), dan Pdt Nicogara. Sedangkan calon kandidat sekretaris umum antara lain Pdt. Richard Daulay Nicogara, Yan Aritonang, dan Einar Sitompul.

Menurut Ketua Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah ( GKST )Rinaldy Damanik, mengatakan bahwa keteladanan dari seorang pemimpin haruslah berasal dari dalam dan bisa dilihat dari cara memimpin rumah tangganya serta memimpin gereja dan jemaatnya. Selain itu, menurutnya pemimpin PGI ke depan diharapkan harus berani menyuarakan kebenaran semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya. Ia meminta agar pemimpin-pemimpin gereja maupun PGI jangan bersembunyi dari rasa ketakutan di balik dalih-dalih pemahaman teologis tetapi harus berani membela kepentingan jemaat dan gerejanya.

Ketua Sinode Gereja Kristen Indonesia Papua, Pdt Herman Saut mengatakan, pemimpin PGI harus lebih serius melihat permasalahan gereja yang menjadi anggotanya dan juga mengkoordinir semua gereja melakukan fungsi bersekutu dan melayani.

Ketua Umum Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat Pdt Kuntadi Sumadikarya, mengatakan agar calon pemimpin PGI yang baru harus mendapat rekomendasi dari gereja. Karena jika seseorang dapat menjabat di PGI tanpa memperoleh rekomendasi dari gerejanya, berarti PGI sedang diperangkap agar melanggar kedaulatan gereja anggotanya. Ia mengingatkan bahwa PGI menganut eklesiologi yang mengakui kedaulatan gereja-gereja anggotanya. PGI tidak ada campur tangan dalam urusan internal gereja anggotanya sendiri, kecuali jika diminta.




Sandra N. Natalia

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:17:44AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
[Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang