Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Ecumenical
 

Sidang Raya PGI Menolak Adanya Polarisasi Umat

Perlunya Kebersamaan agar Umat Kristen Dapat Menghadapi Perkembangan dan Perubahan

Tuesday, Nov. 30, 2004 Posted: 7:26:00PM PST

Ketua PGI Nathan Setiabudi mengatakan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI)menolak tolak polarisasi dan upaya memecah belah umat Kristen. Upaya pemecah-belahan itu harus dinetralisir dengan kebersamaan agar umat Kristen dapat menghadapi perkembangan dan perubahan situasi politik, demikian dikatakan Nathan usai memberikan keterangan pers dalam rangka Sidang Raya PGI ke XIV yang akan diselenggarakan akhir November hingga 5 Desember.

Sidang Raya XIV PGI ini akan dihadiri oleh delegasi dari 79 gereja anggota se-Indonesia sejumlah 550 orang dan dihadiri oleh mitra dalam negeri maupun luar negeri. Sejumlah tokoh di undangan menjadi pembicara dan Sidang Raya ini, seperti Prof. DR. Azyumardi Azra, Rm. DR. Mardiatmaja, SJ, DR. Musdah Mulia, dan KH DR. Ahmad Mubarok (NU), M. Najib (Muhammadiyah). Sidang akan dilangsungkan di Kinasih, Caringin Bogor.

Sementara itu, hari ini Pertemuan Raya Wanita PGI dimulai. Dipastikan 400 utusan kaum ibu dari 79 sinode se-Indonesia akan berkumpul di Kinasih Cemerlang, Caringin, Jawa Barat. Dari Jerman dan Asia Confrence Woman Church (ACWC) sudah dipastikan akan hadir.

Sidang Raya XIV PGI yang diselenggarakan lebih awal ini merupakan hasil kompromi kebersamaan yang disepakati pada Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL)-PGI di Lembang, 2-8 Oktober 2003. Menurut keputusan SR XIII di Palangkaraya tahun 2000, SR XIV akan diadakan pada bulan Mei 2005, namun karena kebutuhan untuk mengonsolidasikan PGI di tengah kemajemukan pendapat agar dapat menghadapi perkembangan situasi politik nasional, SR XIV ini dilaksanakan lebih awal.

Pdt Nathan Setiabudi mengatakan, berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dan umat Kristen hanya bisa dihadapi oleh umat Kristen apabila keesaan gereja terwujud secara nyata. Berbagai persoalan seperti korupsi, pelanggaran HAM, ketidakadilan, konflik di daerah-daerah, hambatan beribadah, bencana alam, kemiskinan, dan persoalan lainnya merupakan tantangan bagi gereja-gereja untuk menjawab secara proporsional. PGII sebagai bagian dari civil society sedang mempersiapkan diri untuk bersama agama-agama lain menyelesaikan persoalan-persoalan yang melilit bangsa.

Sekretaris Umum PGI Pendeta DR. I.P. Lambe menegaskan bahwa PGI akan bersikap independen dan tidak cukup lagi menyesuaikan diri dengan situasi, tetapi akan berdiri didepan bersama agama-agama lainnya untuk terlibat dalam persoalan-persoalan masyarakat. Gereja harus kembali melayani masyarakat dan tidak lagi eksklusif serta harus terlibat dalam penguatan masyarakat.



Sandra N. Natalia

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:17:44AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
[Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9 diploman-doci.com http://https://lands-diplomy.com/specialnosti/stomatolog.html ru-diplomirovans.com www.ru-diplomirovana.com https://ru-diplomirovany.com/--- www.ru-diplomirovanay.com https://ru-diplomirovannie.com/--- http://https://gosznac-diplomy.com/kupit-diplom-v-nizhnem-novgorode 11