Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Ecumenical
 

Sidang Pleno Pemuda Gereja Merekomendasikan Perubahan Tata Dasar di dalam PGI

Dinyatakan dalam Pra Sidang Raya PGI 2004

Sunday, Nov. 28, 2004 Posted: 9:04:00PM PST

Perlunya perubahan tata dasar Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI)untuk mengakomodasikan apa yang diwakilkan pemuda gereja dalam pengambilan keputusan strategis direkomendasikan oleh Pertemuan Raya Pemuda Gereja (PRPG) 2004 dalam acara Pra Sidang Raya XIV melalui sidang plenonya.

Selain itu, dalam pertemuan yang diadakan di Bogor 27 November, PRPG menyerukan kepada gereja-gereja anggota PGI untuk membangun jaringan kerja sama dengan lembaga dan keumatan lain yang berada di lingkungan gereja tersebut. Ketua sidang pleno PRPG, Boydo Harris Kristanto Panjaitan menyatakan agar gereja-gereja anggota PGI terlibat aktif dalam mengatasi persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kemanusiaan di Indonesia.

Ketua Delegasi Pemuda Sinode Gereja Protestan Indonesia Donggala, Nolvie Mandagi, di Jakarta 27 November mengatakan, sidang pleno PRPG ini, yang membahas hasil Komisi I yang bertopik Posisi Pemuda dalam Gereja dan PGI telah keluar dari format perjuangan pemuda dan sarat dengan kepentingan kekuasaan. Komisi yang seharusnya juga ikut membahas pergumulan gereja mengenai dokumen keesaan gereja akhirnya terjebak dalam penyusunan kriteria calon pemuda yang bisa mengambil posisi dalam struktur PGI dan peserta pertemuan telah terjebak dalam aksi dukung-mendukung kepentingan pribadi dan melupakan perjuangan utama secara keseluruhan. Dia berpendapat, tata dasar PGI harus diubah di beberapa pasal karena tidak memberikan ruang yang lebih luas kepada pemuda untuk bisa leluasa berekspresi dan ikut menentukan perjalanan gereja dan PGI ke depan.

Keprihatinan yang sama diungkapkan Widowati, Kepala Biro Pemuda PGI yang menurutnya, pembahasan tiga jam menguras tenaga peserta tersebut sama sekali tidak menyentuh substansi permasalahan dan lebih menyoal hal-hal yang sangat teknis.



Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah
Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) meminta pemerintah untuk cepat mengantisipasi tidak kondusifnya hubungan antarumat beragama dan menjamin pelaksanaan hak-hak ibadah dengan bebas di Tanah Air. Ini adalah ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:17:44AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
[Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang