Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Efektivitas Forum Kerukunan Umat Beragama Diragukan

Saturday, Sep. 17, 2005 Posted: 12:20:14PM PST

Sejumlah kalangan meragukan efektivitas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dibentuk berdasarkan perubahan SKB No. 1/1969 yang tengah dibahas pemerintah.

Demikian pendapat yang dilontarkan Wakil Ketua Panitia Ad Hoc III Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Nuzran Joher dan Wakil Sekum PGI, Pdt Weinata Sairin, MTh di Jakarta, Kamis (15/9) dan Jumat (16/9).

Menurut Nuzran, dengan membentuk forum maka akan ada konsekuensi yang harus ditanggung seperti masalah anggaran dalam menjalankan kewenangannya.

Menurutnya, perubahan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama No. 1 Tahun 1969 yang mengatur pembentukan FKUB sampai tingkat desa diharapkan membantu dalam hal pendirian tempat ibadah.

Tetapi apakah daerah memiliki kemampuan untuk mengalokasikan dana sesuai kebutuhan setempat selama forum beraktivitas. “Saya meragukan forum ini mampu berjalan efektif,” ujarnya.

Namun demikian ia tetap memandang bahwa keberadaan forum tersebut akan sangat penting kalau terjadi kerusuhan sosial terkait dengan masalah keagamaan sebagai fasilitator.

Sedangkan, Pdt Weinata Sairan menyatakan, sebenarnya FKUB ini sudah dibentuk di sejumlah daerah. Namun, efektivitasnya belum berjalan maksimal. Alasannya, banyak persoalan yang menyangkut hubungan antar umat bergama yang tidak terselesaikan. Salah satu contohnya adalah dengan munculnya perusakan dan penutupan gereja di sejumlah tempat.

”Saya berharap pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama ini tidak mengulangi persoalan masa lalu. Perlu dirinci lagi soal keberadaan FKUB itu seperti yang tertuang dalam perubahan SKB yang kini tengah dibahas sebuah tim kecil di Depdagri,” tambahnya.



Sandra Pasaribu

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 10:52:48AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang