Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Tokoh Gereja Berdialog Dengan Ketua FPI

Habib: Silakan Kristen Berjuang Mencabut SKB

Wednesday, Sep. 7, 2005 Posted: 6:00:46PM PST

Front Pembela Islam (FPI) menegaskan, secara kelembagaan pihaknya tidak pernah terlibat dalam aksi penutupan tempat ibadah di Jawa Barat. FPI juga mendukung jika memang komunitas Kristen di Indonesia mendesak pemerintah agar mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri pada 1969 tentang pembangunan tempat ibadah di Indonesia. Namun begitu, harus dihargai juga komunitas Muslim yang menolaknya, demikian seperti yang diberitakan SH.

FPI sendiri menilai SKB itu sudah netral. "FPI menilai sebetulnya SKB tersebut sangat netral dan tidak terkesan menimbulkan atau sebagai pemicu konflik antaragama. Dan berdasarkan informasi yang diperoleh oleh FPI yang ditutup adalah sejumlah rumah dan ruko yang dijadikan gereja, bukan gereja," kata Wakil Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Weinata Sairin yang bersama Romo Frans Magnis Soeseno berinisiatif bersilaturahmi ke rumah Ketua FPI Habib Rizieq, di Jakarta, Sabtu (03/09) lalu.

Menurut Weinata, pihaknya juga berusaha memberikan pengertian kepada FPI bahwa sejumlah umat Kristen di Jawa Barat beribadah di ruko atau rumah karena pemerintah daerah tidak segera memberikan perizinan sehingga bertahun-tahun mereka beribadah di rumah atau ruko. "Ini yang kemudian dimengerti dan dipahami oleh FPI persoalan dasar sesungguhnya," tuturnya.

Pimpinan Gereja Rakyat, Pdt Shepard Supit menjelaskan seluruh umat beragama seharusnya berupaya menjaga perdamaian di Indonesia. "Keadaan sekarang ini justru tampak ada upaya adu domba antar umat beragama yang sangat potensial dapat menghancurkan bangsa Indonesia yang sangat kita cintai. Sudah menjadi tugas kita semua, sebagai pimpinan agamaagama di Indonesia untuk menegakkan kembali komitmen perdamaian dan saling mengasihi antarumat beragama di Indonesia," katanya.

Dalam pertemuan itu, Habib Rizieq menyambut baik upaya perdamaian yang diusulkan oleh pimpinan umat kristiani. "Umat Islam juga sebenarnya mencintai perdamaian dan kita akan bersamasama mengupayakan perdamaian antarumat beragama di tanah air kita," katanya. Habib Rizieq juga mengungkapkan selama ini sudah tumbuh menguat kecurigaan antaragama. Karena itu kita harus mengupayakan pembangunan kembali saling percaya antarumat beragama.

"Keberatan dari umat Islam adalah penggunaan simbol-simbol dan ayat-ayat Al Quran oleh beberapa gereja yang menimbulkan kecurigaan di pihak Islam. Persoalan di tingkatan umat beragama bukanlah keberadaan SKB Dua Menteri, pihak Kristiani silakan memperjuangkan pencabutan SKB itu tapi hargai juga sikap umat Muslim yang ingin mempertahankan SKB tersebut," kata Habib Rizieq.

Sekretaris Persekutuan Injili Indonesia, Pdt Ignatius Dachlan kepada wartawan mengemukakan pertemuan ini adalah upaya membangun kembali saling percaya antara umat Islam dan umat Kristiani. "Umat Kristiani juga harus mengakui kekurangan-kekurangan yang dapat menyebabkan kecurigaan umat Islam terhadap umat Kristiani," kata Pdt Dachlan.

Sementara itu Ketua Umum PGI Pendeta Dr AA Yewangoe menegaskan, saat ini pihaknya serta masyarakat internasional masih menunggu ketegasan sikap pemerintah dalam hal ini Presiden Republik Indonesia untuk menghentikan aksi penutupan dan teror perusakan gereja di Jawa Barat.

Next Page: 1 | 2 |


Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 11:28:20AM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang