Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Penduduk Indonesia 273,65 Juta Jiwa Thn 2025

Thursday, Aug. 4, 2005 Posted: 9:14:48AM PST

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2025 diperkirakan mencapai 273,65 juta jiwa dengan usia harapan hidup meningkat menjadi 73,7 tahun dari saat ini 69,0 tahun.

Data perkiraan tersebut tertuang dalam buku "Proyeksi Penduduk Indonesia 2000-2025" yang diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, Selasa, Antara memberitakan.

Buku Proyeksi itu disusun oleh Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Lembaga Dana Kependudukan PBB.

Buku tersebut menyebutkan pula bahwa pada periode 20 tahun yang akan datang, Indonesia diperkirakan dapat menekan angka kematian total dan angka kematian bayi serta meningkatkan proporsi penduduk usia lanjut.

Data estimasi menunjukkan, angka kelahiran total yang saat ini 2,23 per wanita akan turun menjadi 2,07 per wanita pada tahun 2025 dan angka kematian bayi dapat ditekan dari 32 per seribu kelahiran hidup saat ini menjadi 15 per seribu kelahiran hidup pada 2025.

Sementara itu, proporsi penduduk usia lanjut (65 tahun ke atas) akan meningkat dari 5,0 persen saat ini menjadi 8,5 persen pada tahun 2025.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa angka-angka tersebut perlu dicermati di lapangan oleh pihak-pihak terkait.

Namun, katanya, hal itu bukan berarti Presiden tidak percaya dengan data BPS. "Perlu dilakukan cek dan ricek," katanya.

Selain itu, dalam perencanaan jangka menengah dan jangka panjang juga jangan melupakan data-data kependudukan.

Sementara itu, Menteri Negara PPN Sri Mulyani mengatakan, data kependudukan tersebut merupakan salah satu pertimbangan dalam penyusunan rencana pembangunan jangka panjang.

Ia mengatakan, dengan makin bertambahnya jumlah penduduk maka perlu dipikirkan masalah lapangan kerja, karena pada tahun 2025 angkatan kerja menjadi persoalan pelik karena jumlah orang muda produktif menjadi dominan.

Lapangan kerja yang diperlukan, katanya, juga harus membuat masyarakat bisa menyimpan sebagian pendapatannya karena penduduk usia lanjut juga makin banyak sehingga perlu dana untuk kesehatan sementara mereka tidak bekerja lagi.

Jumlah penduduk yang besar, kata Sri Mulyani, bisa menjadi ancaman dan juga peluang. Jumlah penduduk akan menjadi ancaman jika jumlahnya besar tetapi tidak berkualitas atau terkonsentrasi hanya di satu atau beberapa pulau saja.






Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9