Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

SBY: Kerjasama Asia-Pasifik tidak Sekadar Retorika

Wednesday, Aug. 3, 2005 Posted: 3:38:12PM PST

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa kerjasama regional Asia dan Pasifik tidak hanya sekadar retorika, tapi benar-benar bisa diterapkan dalam mencapai tujuan bersama, yaitu memerangi kemiskinan.

"Kita berkumpul di sini dan sudah siap dengan program nyata. Blue-print yang aktual, target nyata yang disebut Millenium Development Goals (MDGs). MDGs tersebut mempunyai tujuan yang obyektif dengan target yang bisa dicapai," kata Kepala Negara saat membuka pertemuan tingkat menteri negara-negara Asia Pasifik tentang tujuan-tujuan pembangunan milenium (MDGs) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (3/8), Angtara memberitakan.

Presiden mengingatkan bahwa pada masa-masa lalu banyak pihak yang hanya bisa berbicara soal dunia yang damai dan ideal tapi istilah-istilah itu hanya sekedar membangkitkan dan kemudian kehilangan makna.

"Hal ini tidak boleh terjadi lagi. Kita di sini sudah siap dengan program nyata," kata Yudhoyono.

Lebih jauh ia menegaskan, bahwa MDGs tidak hanya digerakkan oleh satu negara saja, namun merupakan hasil dari pemikiran kolektif antara banyak negara.

MDGs tidak membedakan negara kaya atau miskin karena sebagai anggota masyarakat global, setiap negara mempunyai target dan tujuan yang sama, yaitu memerangi kemiskinan.

Saat ini, mayoritas penduduk dunia masih hidup di bawah garis kemiskinan dan kerusakan lingkungan hidup terus menghantui kualitas hidup masyarakat.

Sementara di kawasan Asia Pasifik, terdapat 700 juta orang atau hampir 2/3 populasi masyarakat paling miskin dunia yang masih hidup dengan pendapatan kurang dari 1 dolar AS per hari.

"Ini sungguh ironis, karena di saat wilayah kita mendapatkan reputasi karena pertumbuhan ekonomi yang dinamis tapi di lain pihak justru menjadi tempat tinggal mayoritas masyarakat miskin di dunia," kata Presiden.

Mengutip pidato Sekjen PBB Kofi Annan, Yudhoyono mengatakan bahwa ancaman terhadap kedamaian dan keamanan dunia tidak hanya berasal dari peperangan tapi juga kemiskinan, konflik, wabah penyakit, dan rusaknya lingkungan hidup.

Melalui kerjasama regional tersebut, Presiden berharap pada 2015 kemiskinan absolut dan kelaparan bisa dihapuskan dan anak-anak akan mendapatkan pendidikan secara utuh.

Pada 2015, juga diharapkan kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan sudah dapat diwujudkan, demikian juga berkurangnya tingkat kematian bayi dan ibu melahirkan, penyebaran HIV/AIDS dan malaria.

Pertemuan regional tingkat menteri diikuti 39 negara di Asia Pasifik dan akan berlangsung sampai 5 Agustus.

Hasil pertemuan tersebut antara lain akan dituangkan dalam "Deklarasi Jakarta".






Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9