Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Tokoh Agama: Kerahkan Energi Agama Untuk Perbaiki Moral Bangsa

Doa Sejuta Pelita Sejuta Harapan sampaikan doa untuk keselamatan bangsa Indonesia

Tuesday, Jul. 26, 2005 Posted: 5:38:41PM PST

Pada hari Sabtu malam lalu, ribuan umat Budha dari berbagai daerah di Indonesia menggelar "Sejuta Pelita Sejuta Harapan" dengan ditandai penyalaan sejuta lilin di berbagai tempat di kompleks Candi Borobudur dan menyampaikan doa untuk keselamatan Bangsa Indonesia.

Bagi Para tokoh agama, mereka melihat pentingnya agama dalam proses bangsa.

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Syafe'i Ma'arif memandang perlu energi agama dikerahkan untuk memperbaiki kondisi moral bangsa Indonesia.

"Energi agama dikerahkan untuk memperbaiki moral bangsa, beragama harus serius, tidak bisa 'main mata' dengan Tuhan," katanya di Borobudur, Sabtu petang saat bersama para tokoh lintas agama menggelar jumpa pers terkait HUT ke-50 Majelis Buddayana Indonesia.

Menurut dia, agama harus betul-betul berperan dalam proses pencerdasan bangsa dan bukan sekadar mengedepankan kegiatan seremonial dan simbolis.

Meski masyarakat Indonesia menganut beragam agama, katanya, tetap sebagai sesama saudara. Semangat persaudaraan itu harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Romo Frans Magnis Suseno SJ mengemukakan, agama-agama perlu saling menghormati sebagai perwujudan kehidupan agama masa mendatang.

"Umat beragama harus keluar dari kepicikan dan melihat kebaikan agama lain. Kami punya iman kami masing-masing dan lebih saling menghormati untuk bisa melihat kebaikan yang ada pada agama lain. Itu bisa menciptakan suasana perdamaian, keadilan dan kemanusiaan," kata Romo Magnis.

Pengalaman bertemu dengan agama-agama lain, katanya, memerkaya iman umat beragama.

Budi Tanu Wibowo (Ketua Majelis Tinggi Agama Kong Hucu Indonesia) mengatakan tokoh-tokoh agama jangan dimonopoli sebagai milik umat agamanya melainkan milik seluruh umat beragama.

Para tokoh agama, katanya, harus bisa menjadi contoh bagi seluruh umat beragama antara lain menyangkut hidup bertoleransi, bekerja sama dan saling menghormati antarsesama umat agama.




Sandra Pasaribu

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9