Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Normalisasi Kali Cideng Ancam Gedung Gereja Tua

Friday, Jul. 22, 2005 Posted: 9:39:06AM PST

Pemerintah Daerah DKI Jakarta akan melakukan normalisasi Kali Cideng di Jembatan Serong Tanah Abang Jakarta Pusat yang menyempit. Rencana normalisasi itu dilaporkan akan dapat mengancam keberadaan Gereja Kristus Tuhan yang tembok bangunannya persis di pinggir kali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Fodly Misbach mengatakan kepada Sinar Harapan.

Pada Jumat, 15 Juli, penyempitan kali membuat pompa Cideng tidak bisa bekerja dengan baik saat terjadi hujan lebat, akibatnya, banjir melanda kawasan Thamrin, Jakarta.

Karena itu, penyempitan kali harus dinormalisasi sekitar 300 meter agar air mengalir tanpa hambatan dan pompa Cideng bisa dimanfaatkan dengan baik. Proyek normalisasi yang bisa menelan biaya sekitar Rp 9 miliar ini, katanya tidak harus mengorbankan gedung gereja tua itu. Pelebaran kali bisa diarahkan ke bagian utara atau dekat jalan sehingga gedung gereja tidak terkena. "Uang bukan soal. Dana untuk normalisasi tersedia," ujar Misbach.

Lurah Kampung Bali Tanah Abang Jakarta Pusat, Siswanto menyatakan, bangunan gereja tua itu sendiri rencananya akan dibangun ulang karena kondisinya sudah miring.

Bila normalisasi dilaksanakan, maka sekitar 8 bangunan sampai 9 bangunan di bagian Utara akan terkena dan di bagian Selatan bangunan gereja tua itu. Dari pengamatan, kata Siswanto, sekitar 200 meter yang perlu dilebarkan karena di belakang SDN Kampung Bali 01 Pagi sudah dilebarkan sehingga tidak perlu normalisasi.

Ditambahkan, sekitar 4 bangunan memiliki sertifikat tanah sedang sisanya sewa. Nilai jual objek pajak (NJOP) sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta.

Gubernur Sutiyoso sendiri ketika dikonfirmasi SH, Rabu, 20 Juli membenarkan pihaknya telah memerintahkan DPU DKI Jakarta untuk normalisasi kali Cideng dan Wali kota diperintahkan untuk melakukan pendekatan dan sosialisasi.



Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9