Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Gempa Bumi Melanda Jawa, Sulut dan Kupang

Thursday, Jul. 21, 2005 Posted: 11:39:09AM PST

Gempa melanda kota Yogyakarta, Selasa malam lalu sekitar pukul 19.21 WIB. Sehari sebelumnya, gempa juga mengguncang Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Banyak warga Yogya mengira gempa itu terkait dengan aktivitas Gunung Merapi yang belakangan ini meningkat. “Gempa itu gempa tektonik, bukan bersumber dari gunung Merapi,” kata Dr. Ratdono Purbo, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK), Sinar Harapan melaporkan.

Menurut Ratdono Purbo, berdasarkan catatan BPPTK gempa yang mengguncang Yogya pada Selasa malam itu berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR). Asal gempa itu sekitar 90 km arah tenggara Gunung Merapi. “Gempa ini memang terasa sampai Yogya. Tapi yang jelas sumber gempa bukan dari Gunung Merapi,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, gempa juga mengguncang Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara itu, pada Selasa, 19 Juli dini hari sekitar pukul 03.37 Wita gempa melanda Kota Manado, Bitung dan Tondano. Gempa bumi di Sulut itu berkekuatan 5,6 Skala Richter.

Di Kupang, gempa menyebabkan dua gedung gereja di Kota Kupang retak-retak, di antaranya Gereja Oeben di Kecamatan Kualin yang juga retak. Selain itu, empat kelas pada Sekolah Dasar (SD) Inpres Bitan, Kecamatan Kualin rata dengan tanah. Seluruh atap gedung SD Inpres Taus juga rubuh. Seluruh bangunan SD Gereja Masehi Injil di Timor Niuf juga retak.




Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9