Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Gempa Kembali Mengguncang Palu, Donggala, dan Gunung Sitoli

Belasan orang cedera serta puluhan bangunan penduduk dan fasilitas umum mengalami kerusakan

Thursday, Jul. 14, 2005 Posted: 11:13:43AM PST

Gempa kembali mengguncang kota Palu dan Donggala hari Rabu sekitar pukul 19.45 Wita, membuat sebagian masyarakat setempat berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan dari Stasiun Geofisika Palu mengenai magnitude dan episentrum gempa.

Pasca gempa utama berkekuatan 5,7 pada Skala Richter hari Minggu (10/7) yang diakibatkan oleh pergerakan "Patahan Palukoro", Kota Palu dan Kabupaten Donggala dilanda lebih 10 kali gempa susulan yang sempat dirasakan penduduk setempat. Namun, kekuatan semua gempa susulan tersebut tidak lebih keras dibanding gempa utama yang berpusat pada koordinat 1,72 Lintang Selatan 119,8 Bujur Timur dengan kedalaman 30 km di bawah permukaan tanah, atau 74,1 kilometer arah selatan Kota Palu.

Gempa pada pagi hari di hari Minggu itu mengakibatkan belasan orang cedera serta puluhan bangunan penduduk dan fasilitas umum mengalami kerusakan, termasuk enam buah rumah penduduk yang roboh dan rusak berat di Desa Bakubakulu dan Bobo, Kecamatan Palolo, Kabupaten Donggala.

Sementara itu, Kota Gunung Sitoli, ibu kota Kabupaten Nias, Rabu, pukul 08.00 WIB kembali diguncang gempa berkekuatan 3,8 Skala Richter (SR) dan pusat gempa tersebut berada di sekitar Barat Daya Aceh Singkil. Badan Metereologi Geo Fisika (BMG) Wilayah Sumut menyatakan gempa yang melanda Gunung Sitoli itu, relatif kecil dan tidak begitu dirasakan oleh warga di daerah setempat.

Sebelumnya, Kota Gunung Sitoli yang berada di Provinsi Sumatra Utara, Selasa, (12/7), dua kali terjadi guncangan gempa dan pusat gempa berada sekitar 110 km barat laut Gunung Sitoli.




Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9