Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Gubernur Sumut: Rehabilitasi Nias Berjalan Lambat

Hal itu dikarenakan hingga kini sumber dana dari pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan Nias masih belum jelas

Thursday, Jun. 16, 2005 Posted: 9:43:50AM PST

Gubernur Sumatera Utara Tengku Rizal Nurdin mengakui keterlambatan rehabilitasi dan rekonstruksi Nias pascabencana gempa 28 April 2005. Hal itu dikarenakan hingga kini sumber dana dari pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan Nias masih belum jelas. Karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berinisiatif mengumpulkan perwakilan negara asing dan lembaga donor untuk mempercepat pembiayaan perbaikan Nias tersebut.

"Kalau ada yang bilang rehabilitasi dan rekonstruksi Nias lambat, memang demikian adanya. Tetapi hal itu disebabkan tidak jelasnya sumber pendanaan untuk Nias," kata Rizal Nurdin seusai acara Donor’s Country Summit on Nias Reconstruction, Rabu, 15 Juni yang diberitakan Kompas.

Menurut Rizal, beberapa hari setelah bencana gempa, pemerintah pusat mengalokasikan Rp 2,1 triliun untuk Nias. Namun dana tersebut hingga kini belum cair. "Kami dengar dana itu baru akan cair satu tahun lagi," katanya.

Rizal menambahkan, alokasi dana Rp 2,1 triliun tersebut sebenarnya belum memadai. "Rekonstruksi fisik di Nias minimal butuh dana sedikitnya Rp 4,1 triliun. Kami dengar pemerintah memang tengah merevisi besaran anggaran untuk Nias, tetapi hingga kini belum ada kejelasan. Karena itu, hari ini kami berinisiatif mengundang perwakilan negara-negara asing dan lembaga donor ke Sumut untuk menjajaki kemungkinan pemberian bantuan untuk Nias," katanya.

Di sisi lain, hingga kini jumlah bantuan yang telah diberikan lembaga asing untuk Nias sejak terjadinya bencana juga masih belum jelas. "Bendahara kami masih rapat di Jakarta sehingga saya belum bisa menyampaikan besarannya. Yang jelas, dana yang masuk dan keluar diaudit dan bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Ditemui terpisah, Bupati Nias Binahati Baeha mengatakan, kondisi di Nias hingga kini masih mengenaskan. Ratusan ribu pengungsi masih tinggal di tenda-tenda darurat dengan fasilitas minim. Bahkan, isu terakhir tentang akan adanya gempa besar telah membuat masyarakat panik dan banyak yang tinggal di pegunungan.

Binahati menambahkan, walaupun Nias rawan gempa dan tsunami, pihaknya memastikan tidak akan ada relokasi di Gunung Sitoli karena keterbatasan lahan dan dana. "Kami pastikan tidak akan merelokasi permukiman di Gunung Sitoli. Selain kesulitan lahan, dana untuk merelokasi juga tidak memungkinkan. Kecuali memang kalau ada lembaga yang mendanai," katanya.



Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9