Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Nur Mahmudi Berdiskusi dengan Umat Katolik Depok

”Perbedaan agama bukan hal yang menakutkan untuk tidak diberi kesempatan dalam ikut membangun kota

Tuesday, May. 17, 2005 Posted: 10:09:55PM PST

Calon Wali Kota Depok periode 2005-2010 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nur Mahmudi Ismail berdiskusi dengan enam Paroki di Hotel Bumi Wiyata Depok, Minggu 15 Mei.

Nur Mahmudi mengatakan, diskusi itu bukan dalam rangka kampanye dirinya, melainkan didasari oleh niat tulus untuk membangun Kota Depok di segala aspek.

”Perbedaan agama bukan hal yang menakutkan untuk tidak diberi kesempatan dalam ikut membangun kota. Saya sambut baik pertemuan ini sebab sangat membantu untuk mengetahui kultur, budaya dan agama di Kota Depok,” ujar Nur Mahmudi Ismail.

Ketua Bidang Organisasi Forum Kerjasama Umat Kristiani Depok (FKUKD) Djoko Suhono menjelaskan, pertemuan beberapa tokoh Katolik di luar gereja itu merupakan langkah awal untuk berdialog lebih lanjut dengan PKS agar umat Katolik lebih banyak mengetahui komitmen, program, misi, dan visi PKS untuk membangun Kota Depok secara langsung.

Ia mengatakan, perlu adanya persamaan visi dan misi mengenai kemanusiaan antar umat, etika kemasyarakatan dan pembangunan seni budaya. Hal tersebut merupakan wujud keperdulian umat Katolik terhadap pembangunan Kota Depok lima tahun ke depan.

Nur Mahmudi mengatakan dari diskusi itu, jika ia terpilih menjadi wali kota Depok, telah mengetahui apa yang harus dilakukan oleh pemerintahannya. Menurutnya, pandangan tentang kemasyarakatan, kemanusiaan, seni dan budaya dapat didiskusikan bersama dengan seluruh pemeluk agama yang ada di Kota Depok guna mendapatkan solusi yang tepat di masyarakat untuk tetap bergandengan tangan dalam kehidupan antar agama.

Menurut Djoko, umat beragama yang ada di Depok perlu adanya kesepakatan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang aman, damai tanpa ada perpecahan sesama umat yang dapat menimbulkan perbuatan anarkis apalagi sampai berbau SARA. Dia menambahkan, enam Paroki ini memandang moto PKS yang mengutamakan pelayanan publik, kode etik beragama dan pembangunan bersama sangat cocok dengan apa yang sudah dilakukan Paroki, karena hal tersebut merupakan kunci sukses pembangunan di suatu kota.

Sedangkan menurut Nurmahmudi Ismail, dipilihnya tokoh Katolik untuk silatuhrami karena alasan persamaan pandangan tentang kemasyarakatan dan kemanusiaan yang terkait dengan seni dan budaya. Ada juga kesamaan persepsi serta kesamaan visi dan misi untuk menciptakan lingkungan Depok yang bersih, peduli, dan menempatkan semua aparat kota sebagai pelayan warga Depok.

Dia juga ingin agar secara makro PKS dan umat Katolik, bahkan seluruh umat Kristiani termasuk juga unsur Budha dan Hindu tetap berdialog. "Kita memiliki kode etik dan UU saling menghormati umat beragama," kata Nurmahmudi.

Kelompok Katolik yang hadir antara lain dari Kelompok Doa Pembawa Damai, Komunikasi Karyawan Muda Katolik, dan Kepedulian Wanita Muda Katolik.





Sandra Pasaribu

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9