Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Pemimpin Kristiani Kritik Kehadiran Militer di Papua

Mereka mendorong penguatan institusi sipil agar sungguh-sungguh melayani kepentingan rakyat secara profesional

Friday, Apr. 29, 2005 Posted: 4:48:17PM PST

Pemimpin umat Kristiani di Jayapura mengkritik kehadiran militer yang berlebihan di Papua karena kerap menimbulkan dampak buruk. Untuk mewujudkan perdamaian di Papua, mereka mendorong penguatan institusi sipil agar sungguh-sungguh melayani kepentingan rakyat secara profesional.

Kritik dan seruan ini disampaikan Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar OFM didampingi Direktur Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan (SKP) Jayapura Br J Budi Hernawan OFM dan Edi Trisno dari Tokoh Agama Kristen Protestan di Jayapura, Rabu (27/4).

Ada beberapa pokok pikiran yang diuraikan oleh kedua pemimpin gereja ini, di antaranya unsur keadaan masyarakat Papua dari sejarah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang berlangsung puluhan tahun dan tidak banyak mengalami perubahan.

Selain itu juga adanya kontradiksi kebijakan pemerintah seputar pelaksanaan Otonomi Khusus yang terus mengalami kemacetan, setelah Inpres No.1/2003 dianulir oleh Mahkamah Konstitusi pada 11 November 2004 dan PP No. 54/2004 tentang Majelis Rakyat Papua (MRP) ditetapkan. MRP belum juga terbentuk hingga kini sehingga pelaksanaan otsus tetap terkatung-katung.

Mereka juga menilai, tingkat kesejahteraan masyarakat Papua tetap rendah dari segi pendidikan, pendapatan ekonomis, kesehatan (khususnya HIV/AIDS) dan juga masalah lapangan pekerjaan. Potensi konflik dibidang politik juga disinggung.
Berdasarkan paparan faktual tersebut, para pemimpin gereja tak henti-hentinya menyuarakan tuntutan keadilan dan upaya membangun damai. Namun menurut mereka, langkah ini oleh sejumlah kalangan kerap dinilai sebagai kedok politik oleh pihak-pihak tertentu.

Mereka menegaskan bahwa seruan mereka mengenai HAM, upaya mereka membangun damai sebagai syarat mutlak pemenuhan hak-hak dasar masyarakat adalah didasarkan atas misi yang didasarkan atas keyakinan iman mereka dan tidak didasarkan pada kepentingan politik tertentu.

”Hal ini berarti bahwa kami harus membangun persekutuan di antara kita dan harus berjalan bersama rakyat kita dalam upaya menangani konflik dan mengubah keadaan yang mengarah pada konflik menjadi keadaan yang damai di mana setiap orang dapat tumbuh dan berkembang secara bermartabat sebagai manusia,”kata Uskup Leo dalam diskusi panel yang diorganisasi oleh Fransiscans International, Sekretariat Keadilan dan Persauan (SKP) Jayapura dan mitra kerja lainnya.




Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9