Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Papua Menjadi Fokus WCC di Sesi Ke-61 UNHCR

Konsili Gereja-gereja Sedunia akan berfokus pada masalah ekonomi, sosial dan HAM dari rakyat Papua

Saturday, Mar. 19, 2005 Posted: 6:49:15AM PST


Umat Kristiani Papua menghadiri kebaktian di tenda akibat gempa yang melanda Papua pada bulan Desember 2004 yang lalu. (Reuters)

Masalah ekonomi, sosial dan Hak Asasi Manusia (HAM) rakyat Papua akan menjadi fokus utama dari Konsili Gereja-gereja Sedunia (World Council of Churches-WCC) dalam sesi ke-61 dari Komisi PBB untuk HAM (United Nations Commission on Human Rights- UNCHR).

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga Konsili Gereja-gereja Sedunia akan membantu perwakilan-perwakilan HAM dari seluruh dunia untuk menghadiri sesi yang akan berlangsung dari tanggal 12 Maret-22 April. Delegasi-delegasi WCC yang akan datang kali ini berasal dari: Papua, Nigeria, Pakistan, Nepal, Guatemala dan Kolombia.

WCC memberikan sebuah pernyataan tertulis kepada UNCHR dalam suatu agenda mengenai sosio-ekonomi dan hak kultural. Didalamnya, WCC meminta komisi untuk menginformasikan kepada pemerintah Indonesia, bahwa ukuran yang digunakan saat ini untuk memisahkan provinsi Papua berlawanan dengan keinginan masyarakat, hanya akan menuntun pada penyangkalan hak-hak budaya dan sosio-ekonomi mereka.

WCC juga meminta komisi untuk mendesak pemerintah untuk memastikan provinsi Papua mendapatkan bagian dari penjualan yang didapat dari eksploitasi sumber-sumber alami yang mereka miliki.

Sebuah studi mengenai hak-hak ekonomi, sosial dan kultural dari masyarakat Papua yang diawasi oleh gereja-gereja Jerman dengan WCC dan akan dijalankan oleh para akademisi dan pembela HAM, akan diluncurkan pada konferensi dan akan ditunjukkan kepada publik pada hari Kamis, 31 Maret. Pada tanggal 2-4 April, para perwakilan dari badan-badan berdasarkan iman termasuk WCC akan menghadiri sesi ke-61 untuk bersama-sama menentukan strategi mengenai hak asasi manusia rakyat Papua.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://wcc-coe.org/wcc/english.html


Eva N.

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9