Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

Rachmat Witoelar: Ekosistem Danau Toba Terancam

Saturday, Mar. 12, 2005 Posted: 5:01:35PM PST

Ekosistem Danau Toba dan danau-danau lainnya di Indonesia terancam karena polusi bahan-bahan kimia yang luar biasa merusak. Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar mengatakan hal itu dalam sebuah seminar nasional yang diadakan oleh Universitas HKBP Nommensen, Medan. Bahan-bahan kimia tersebut berasal dari pabrik kertas, minyak, dan pupuk, demikian dilaporkan bagian informasi HKBP.

Witoelar menyebut matinya ribuan ton ikan mas di Danau Toba akibat virus koi herpes sebagai masalah besar yang perlu mendapat perhatian semua pihak. Danau Toba, katanya, memerlukan manajemen terpadu untuk menjamin keberlangsungan dan kelestariannya.

Indonesia memiliki 500 danau di mana Danau Toba adalah danau terbesar dengan luas 110.260 hektar sedangkan yang terdalam adalah Danau Matano dengan kedalaman mencapai 600 meter. Perusahaan-perusahaan yang paling bertanggung jawab dengan pencemaran danau di Indonesia, kata Witoelar, berjumlah 43 dan 9 di antaranya adalah BUMN. Jika dalam enam bulan ini tidak ada perbaikan, lanjutnya, izin Amdal perusahaan tersebut akan dicabut.

Perhatian kepada danau di seluruh dunia meningkat setelah adanya perhatian serius dari berbagai lembaga internasional seperti International Lake Environment Committee (ILEC, yang meluncurkan World Lake Vision pada Forum Air Dunia Ketiga di Kyoto, Jepang, Maret 2003 yang lalu), World Summit on Sustainable Development Plan of Implementation, Biodiversity Convention, dan Ramsar Convention. Pemerintah, kata Witoelar, sedang mempersiapkan konsep Indonesian Lake Vision sebagai panduan bagi para pejabat pemerintah dalam menjalankan manajemen danau berkelanjutan.


Nofem Dini

 
Dari Society  
Poso Mencekam Lagi, Dua Siswi Ditembak di Jalan
Di tengah ketatnya penjagaan aparat keamanan pascapembunuhan terhadap tiga siswi SMA Kristen Poso, Sabtu (29/10) lalu, kekerasan bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Hari Selasa ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Saturday, Nov. 12 2005 12:31:49PM PST
Tokoh Islam dan Kristen Perlu Dialog Jujur
Agama Masih Sering Dijadikan Komoditas Politik
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
PGI : Pemerintah Harus Menjamin Pelaksanaan Hak Beribadah [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang