Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Arsip
Organisasi
Figur
Pastoral
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Ministries  > Figures
 

Tokoh Katolik Diharapkan Jadi Pioner KUB

Tokoh agama Katolik diharapkan menjadi pioner dan dinamisator pertumbuhan rohani dan jasmani kelompok umat basis (KUB) di daerah masing-masing

Thursday, Oct. 20, 2005 Posted: 9:13:06AM PST

Tokoh agama Katolik diharapkan menjadi pioner dan dinamisator pertumbuhan rohani dan jasmani kelompok umat basis (KUB) di daerah masing-masing. Untuk mewujudkan semua itu, gereja dan pemerintah harus menjajaki kemitraan sehingga bisa memberdayakan fungsionaris pastoral dan KUB sesuai hasil Muspas IV Keuskupan Ende, serta visi misi Kanwil Depag NTT, yakni NTT 2010 masyarakat agamis rukun mengharum.

Demikian dikatakan Kakandep Agama Kabupaten Ngada, Drs. Yohanes Wage, dalam sambutannya mewakili Kakanwil Agama NTT, saat membuka pertemuan tokoh agama Katolik se-daratan Flores dan Sumba di Hotel Korina, Bajawa, Pos Kupang memberitakan.

Pertemuan dilaksanakan tiga hari sejak Senin (17/10) - Rabu (19/19), dihadiri 30-an tokoh agama. Turut membawakan materi mewakili Kanwil Depag NTT, Drs. Anton Bele, M.Si dengan materi berjudul: "Komunitas basis gerejani sebagai wadah hidup baru menggereja di Indonesia." Hadir, Vikep Bajawa, Rm. Hendrikus Sareng, Pr.

Wage mengatakan, persoalan KUB sudah dibicarakan dalam Sidang Agung Indonesia November 2000 dengan tema: Berdayakan KUB menuju Indonesia baru. Hal yang sama dibicarakan dalam sidang Pastoral Muspas IV Keuskupan Ende.

Menurut Wage, tema pemberdayaan penting karena KUB identik sebagai kelompok kecil sehingga dapat lebih mudah dan intens merenung dan mengaplikasi kehidupan nyata firmam Allah, dan komunitas kecil itu adalah gereja. Juga, KUB merupakan paguyuban dasar basis umat gereja. "Kanwil Depag telah menetapkan opsi yang sama sejak tahun 1999 untuk pelayanan bagi masyarakat NTT yang harus dilayani yakni masyarakat umat beragama," kata Wage.

Dia mengatakan, gereja dan pemerintah bersama jajarannya di kabupaten ini sedang menggempur fokus pada KUB. Karena itu, gereja dan pemerintah harus menjalin kemitraan untuk memberdayakan KUB menuju cita-cita kerukunan beragama.

Sementara Romo Vikep, Rm. Hendrikus Sareng, Pr, mengatakan, Muspas Keuskupan Ende belum lama ini merupakan dasar pastoral yang membicarakan pemberdayaan fungsionaris pastoral dan KUB. "Kami sambut kegiatan para pemuka agama Katolik, semoga ada inovasi dan pikiran baru yang berhubungan dengan umat dan KUB," jelas Sareng.



Nita Lee

 
Dari Ministries  
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut
Tim Pembela Kebebasan Beragama mendesak pemerintah segera mencabut Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor I Tahun 1969 beserta revisinya. Mereka menilai SKB bertentangan ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang