Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Arsip
Organisasi
Figur
Pastoral
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Ministries  > Pastoral
 

Lomba Foto "Orang Muda Merintis Habitus Baru Bangsa"

Gereja Katolik Indonesia mengharapkan agar sebuah lomba foto akan mendorong orang muda terlibat dalam upaya membangun Gereja dan masyarakat

Tuesday, Jul. 12, 2005 Posted: 11:26:08AM PST

Gereja Katolik Indonesia mengharapkan agar sebuah lomba foto akan mendorong orang muda terlibat dalam upaya membangun Gereja dan masyarakat.

Lomba foto "Orang Muda Merintis Habitus Baru Bangsa" menindaklanjuti pernyataan tersebut.

Dengan berpartisipasi dalam lomba foto ini, "orang muda bisa melakukan sesuatu" untuk ikut menciptakan suatu budaya alternatif yang bisa mengatasi kemerosotan peradaban publik, kata Pastor Josephus Adi Wardaya SJ, 3 Juli, saat peluncuran lomba foto itu di Karawang, Jawa Barat, Mirifica melaporkan.

Pastor Wardaya adalah Sekretaris Umum Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Lomba foto yang berlangsung hingga 1 September itu diselenggarakan oleh Gereja Kristus Raja di Karawang bekerja sama dengan komisi tersebut.

Ia mengatakan, pameran foto itu akan menunjukkan kepada para pemimpin Gereja kemampuan orang muda menjelang SAGKI 2005.

Pada November lalu, KWI menetapkan tahun 2005 sebagai Tahun Orang Muda Katolik Nasional. Pada sidang umum di bulan yang sama, para uskup mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengimbau sebuah "habitus baru bangsa," suatu "budaya tanding" untuk mengatasi korupsi, kekerasan, dan degradasi lingkungan hidup yang, menurut mereka, merajalela dalam masyarakat Indonesia.

Andreas Darwis Triadi, seorang fotografer yang mengelola sebuah sekolah fotografi terkenal, berbicara pada peluncuran lomba foto itu. Ia mengatakan, lomba foto itu bisa membantu orang muda Katolik berpartisipasi dalam menciptakan sebuah masyarakat alternatif. "Fotografi merupakan alat dialog yang jujur, karena hasil fotografi berdasarkan pada kejujuran. Lewat lomba foto ini, Gereja bisa mengumpulkan inspirasi orang muda," jelasnya.

Foto-foto yang menang, yang akan diumumkan 1 Oktober lewat media cetak Katolik dan website KWI, akan dipamerkan selama Pertemuan Nasional Orang Muda Katolik yang akan digelar 12-16 November di Jakarta. Menurut rencana, pertemuan ini merupakan puncak tahun orang muda Katolik. Namun para delegasi, dari semua 36 keuskupan di tanah air, akan langsung mengikuti Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2005, yang akan berlangsung 16-20 November.




Eva N.

 
Dari Ministries  
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut
Tim Pembela Kebebasan Beragama mendesak pemerintah segera mencabut Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor I Tahun 1969 beserta revisinya. Mereka menilai SKB bertentangan ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang