Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Tilaar: Hindari Konflik dengan Lebih Banyak Mendengar

"Sebenarnya ketika kita tidak tidak mampu mendengar dengan baik, maka saat itu pula kita telah keluar dari rencana Allah. Makanya, tidak heran jika kemudian akibat hal ini timbul berbagai masalah bahkan konflik," tutur Tilaar.

Thursday, Oct. 20, 2005 Posted: 9:18:49AM PST

Munculnya berbagai masalah yang berbuntut ke arah konflik, dalam tatanan kehidupan manusia yang banyak memiliki perbedaan, memang tak dapat dihindari. Namun hal ini dapat diminimalisir jika kita sebagai manusia dapat memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing. Lebih dari itu, jika diantara kita memiliki kemampuan untuk lebih banyak mendengar ketimbang berbicara, maka hal ini justru merupakan senjata yang paling ampuh untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan. Hal ini diungkapkan oleh Kasi Bimas Kristen Depag Manado, Rabu kemarin, Harian Komentar memberitakan.

Dikatakan Tilaar, berbagai isu perpecahan yang mencuat dewasa ini, baik itu dikalangan eksekutif maupun legislatif jika disimak secara teliti, lebih disebabkan oleh karena kurang suka mendengar. Padahal, dengan lebih banyak mendengar, detil pesoalan akan lebih mudah diketahui secara jelas.

"Sebenarnya ketika kita tidak tidak mampu mendengar dengan baik, maka saat itu pula kita telah keluar dari rencana Allah. Makanya, tidak heran jika kemudian akibat hal ini timbul berbagai masalah bahkan konflik," tutur Tilaar.

Dengan lebih banyak mendengar, dikatakan Tilaar, menandakan bahwa kelemahan kita sebagai manusia telah kita kalahkan.

"Seperti kita ketahui, kelemahan manusia adalah susah untuk mendengar. Buktinya banyak diantara kita kendati sering mendengarkan Firman Tuhan, namun ketika diperhadapkan persoalan kita sudah lupa pada firman tersebut. Namun kalau kita mendengar isu atau gosip, kejelekan atau kekurangan orang lain telinga kita justru peka" tukasnya. Ia menambahkan, Tuhan menciptakan manusia dua telinga dan satu mulut, berarti Tuhan menghendaki agar kita banyak mendengar.



Eva N.

 
Dari Church  
Pembinaan Penatua HKBP : Penatua Harus Implementasikan Visi & Misi Gereja
Penatua HKBP harus berperan aktif dalam membangun pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan yang bersifat inklusif, dialogis dan terbuka terbuka sangat diharapkan dapat hadir dari penatua-penatua ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang