Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Denomination
 

Sinode Am GKPI: GKPI Bergumul Jalin Kesatuan & Persatuan Yang Pernah Retak

Tuesday, Sep. 20, 2005 Posted: 10:08:50AM PST

Sekretaris Jenderal Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Ds SP Hutagalung STh dalam pidato sambutannya pada pembukaan Sinode Am Periode (SAP) XVI GKPI di Sukamakmur Deliserdang, Rabu (14/9) malam mengatakan selama periode 2000-2005 GKPI telah bergumul menjalin kesatuan dan persatuan yang pernah retak, disamping menggumuli kebutuhan GKPI secara organisasi dan keperluan lainnya, sesuai dengan situasi GKPI, SIB memberitakan.

Saat ini GKPI masih tetap memikirkan dan menggumuli keutuhan agar GKPI menjadi persekutuan yang Kristiani dan kembali kepada motonya yang telah berusia 41 tahun yaitu “Aku datang bukan dilayani melainkan untuk melayani”.

Menurut Ds SP Hutagalung, dengan semangat “bukan dilayani tetapi melayani”, GKPI akan menjadi gereja yang peka/sensitif terhadap perobahan jaman serta tanggap atas pergumulan kehidupan umat dan masyarakat umum di dunia khususnya di Indonesia. GKPI tidak hanya memikirkan dirinya sendiri dan pelayanannya dibatasi lingkungan gereja itu sendiri, tetapi menjadi gereja yang keluar dan berbuat menembus tembok-tembok tebal dan besar sebagai batas yang menghempang pelayanan dan kesaksian gereja kita di dunia ini.

Dengan penghayatan yang dalam atas motto GKPI itu, akan semakin mengerti apa yang harus dilakukan, dan mengetahui kebutuhan umat sesuai dengan perubahan dan perkembangan jaman, maka dengan demikian pelayanan GKPI tidak diikat oleh rutinitas, tradisi dan monoton, tetapi pelayanan yang bertumbuh dan berkembang dan pelayanan yang pas dan mempunyai sasaran yang tepat (goal point).

Karenanya, pada saat menghadapi perkembangan tehnologi (IPTEK) yang canggih, pengaruh globalisasi, telekomunikasi dan informasi yang canggih dan lain-lain, GKPI harus menjaga diri untuk tidak terkontaminasi atas pengaruh negatif sebagai akibat perkembangan jaman tersebut. GKPI harus dapat mengantisipasi dan berdiri di atas semua pengaruh itu. Semuanya itu dapat kita lakukan, kata Ds SP Hutagalung, jika sadar bahwa GKPI adalah milik Tuhan, bukan milik manusia.




Eva N.

 
Dari Church  
Pembinaan Penatua HKBP : Penatua Harus Implementasikan Visi & Misi Gereja
Penatua HKBP harus berperan aktif dalam membangun pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan yang bersifat inklusif, dialogis dan terbuka terbuka sangat diharapkan dapat hadir dari penatua-penatua ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9 diploman-doci.com http://https://lands-diplomy.com/specialnosti/stomatolog.html ru-diplomirovans.com www.ru-diplomirovana.com https://ru-diplomirovany.com/--- www.ru-diplomirovanay.com https://ru-diplomirovannie.com/--- http://https://gosznac-diplomy.com/kupit-diplom-v-nizhnem-novgorode 11 http://http://diplomsagroups.com/diplomy-po-specialnosti/diplom-medicinskij.html